5 Tokusatsu Amerika Jadul yang Pernah Tayang di Indonesia

2053764 202102131155310402

JurumataTokusatsu dalam Bahasa Jepang artinya visual efek. Akan tetapi orang-orang sering menganggap tokusatsu adalah acara serial televisi atau film yang bertemakan superhero dengan memakai kostum yang nyentrik. Ada beberapa tokusatsu Jepang yang terkenal di antaranya adalah Kamen Rider, Ultraman, Super Sentai, Godzilla, dll. Tokusatsu Jepang memang memiliki ciri khas jika dibandingkan dengan superhero barat dan lebih ditujukan bagi anak-anak walaupun ada sedikit tokusatsu yang ditujukan untuk penonton dewasa seperti Kamen Rider Amazons reboot ang penuh adegan kekerasan.

Nah, sementara itu Amerika pun yang sebagian masyarakatnya menyukai anime pernah membuat beberapa serial tokusatsunya sendiri dengan mengadaptasi serial tokusatsu Jepang. Ada yang berhasil dan ada yang gagal. Berikut ini adalah beberapa serial tokusatsu Amerika Serikat yang pernah ada.

5 Tokusatsu Amerika Jadul 

1. Mighty Morphin Power Rangers

DOs1esp AAvRI7sN7WmvJNpqGJIZB6CvdYk6WyjGsY9GuHKsg3v3GaUhLmaFZP Mh0ZoeKrGY7QJuk0sVStjd9

Saban Entertainment yang merupakan perusahaan milik Haim Saban mengadaptasi Super Sentai Zyuranger menjadi Mighty Morphin Power Rangers di awal 90an. Hasilnya sukses bukan main, Power Rangers terkenal hingga ke seluruh dunia bahkan popularitasnya mampu menyamai Super Sentai itu sendiri. Secara garis besar Power Rangers menceritakan lima remaja yang terpilih memiliki kekuatan dari Zordon untuk melawan kejahatan Rita Repulsa yang ingin menaklukan Bumi.

2. Saban’s Masked Rider

Tokusatsu

Ksatria Baja Hitam RX memang menjadi salah satu Kamen Rider yang paling terkenal terlebih Kamen Rider Black RX adalah Kamen Rider terakhir di era Showa dan bentuk desainnya juga paling keren. Saban mengadaptasinya pada tahun 1995 dengan judul Masked Rider dan tentunya ada perbedaan kisah utama dengan versi aslinya. Namun hasilnya tidak begitu sukses dikarenakan terlalu banyak yang aneh seperti footage yang mengambil mentah-mentah dari versi aslinya, dll.

3. Superhuman Samurai Syber-Squad

jdhbwt4vBkJyaxVc axNs

Dulu kalau tidak salah tokusatsu Amerika ini pernh tayang di Indonesia lebih tepatnya tayang di Indosiar. Serial ini diproduksi oleh Tsuburaya Production dan diadaptasi dari tokusatsu Jepang berjudul Gridman the Hyper Agent. Makannya bentuknya cukup mirip dengan Ultraman. Superhulan Samurai Syber-Squad menceritakan tentang penjaga dunia cyber dari serangan monster-monster virus suruhan Kilokahn. Mereka membasmi penjahat dengan cara masuk ke dalam dunia komputer.

4. Tattooed Teenage Alien Fighters From Beverly Hills

4Al Dt9BS5zGbY3Mx49AJVvnOByYhBXVNX4r2HcqoVKbRNKVzjL3eSH3fcDrTcvmbYRQCpPkpvS3Yalf4kBxj3igiJfunb734BBF

Mungkin karena terinspirasi dari Power Rangers yang sukses besar, perusahaan hiburan bernama DIC Production ikut-ikutan membuat serial tokusatsu berjudul Tattooed Teenage Alien Fighters From Beverly Hills, sebuah judul yang panjang dan ribet. Seperti Ultraman, para jagoannya yang terdiri dari empat orang pemuda ini bisa berubah jadi raksasa dan melawan alien. Kostum yang konyol, cerita yang tidak menarik, membuat serial ini tidak terlalu sukses. Menariknya, serial ini dulu pernah tayang di RCTI pada hari Minggu pagi.

5. VR Troopers

inwjMd39uNrt5sC2GfbCVq1V63z1XhM41YEPexBWwJq2qPAjdS9x02v91teW2ZuQd98 ce37PtijYsz2TUY6vd ONN4NBy4rqPDUWouIKDxv5F

Saban Entertainment setelah kesuksesan Power Rangers, kemudian membuat serial lainnya yang berjudul VR Troopers. Serial tokusatsu ini diadaptasi dari berbagai seri Metal Hero buatan Toei Company dan salah satunya adalah Space Sheriff Shaider. Yang menjadi jagoan di VR Troopers ini ada tiga orang. VR Troopers ditayangkan di Amerika pada 1994 dan 1996 dan gagal menyamai kesuksesan Power Rangers.

Truth
God's Slaves