9 Karakter Video Game Paling Ikonik Sepanjang Masa

images 2021 01 27T201004.654 1

Dari sekian banyak karakter video game yang sudah dari dulu hingga sekarang, telah memunculkan berbagai macam karakter yang beragam. Dalam genre tertentu, game yang ada jalan cerita atau story jelas ada karakter yang bermain di dalamnya. Entah itu genre platformer, open-world, RPG, action, horror, dll. Akan tetapi tentunya dalam game simulasi dan olahraga tidak ada karakter fiksi di dalamnya. Contohnya Gran Turismo yang merupakan game simulasi balapan, tidak ada karakter di dalam gamenya.

Karakter yang menarik akan membuat game menjadi lebih hidup. Nah, berikut ini adalah beberapa karakter video game paling ikonis sepanjang masa.

9 Karakter Video Game Paling Ikonik Sepanjang Masa

1. Mario

images 2021 01 27T200553.860

Maskot Nintendo ini merupakan karakter game yang paling ikonis dan telah mendunia. Mario muncul pertama kali sebagai Jumpman dalam game Donkey Kong rilisan tahun 1981 untuk mesin arcade. Jumpman kemudian diubah namanya menjadi Mario dan barulah terkenal lewat Super Mario Bros tahun 1985 di konsol Nintendo Entertainment System. Mario kini sudah muncul di banyak game buatan Nintendo dan menjadi salah satu jualan utama mereka. Mario adalah seorang pria tukang ledeng yang mempunyai adik bernama Luigi. Tinggal di kerajaan jamur dan berpasangan dengan Prince Peach.

2. Sonic the Hedgehog

images 2021 01 27T200630.977

Jika Mario adalah maskot Nintendo maka Sonic adalah maskot Sega. Sonic sangat terkenal di era 90an terlebih kemunculannya di Sega Genesis dan menjadi salah satu game terlaris saat itu. Sonic adalah landak biru berbentuk antropomorfik yang memiliki kecepatan ultasonic. Dalam game dia berjuang menghentikan usaha Dr. Robotnic yang ingin menguasai dunia. Sejak Sega memutuskan untuk berhenti membuat konsol, karakter Sonic the Hedgehog sering muncul di konsol rilisan Nintendo yang dulu pernah menjadi rival Sega.

3. Crash Bandicoot

images 2021 01 27T200651.645

Dulu, Crash Bandicoot sempat dianggap sebagai maskot Playstation namun anggapan itu dimentahkan ketika seri Crash Bandicoot juga dirilis di platform selain Playstation. Crash Bandicoot adalah hewan Bandekut atau bandikut atau di Papua terkenal sebagai tikus babi adalah hewan marsupilia mirip tikus besar. Dia adalah mutant hasil percobaan si jahat Dr. Neo Cortex yang gagal dan malah berbalik melawannya. Franchise Crash Bandicoot sendiri sudah berganti-ganti developer mulai dari Naughty Dog sampai kini Actvision.

4.  Pac-man

images 2021 01 27T201425.935

Saking terkenalnya game Pac-man, orang awam tahu emoji Pac-man tapi tak pernah tahu video game-nya. Karakter ini cukup unik karena bukan merupakan spesies manusia maupun hewan. Pac-man ya Pac-man. Karakter ini pertama kali muncul dalam “Pac-man”, game tahun 1980 di mesin arcade. Gameplaynya simple, Pac-man harus memakan semua makanan yang ada di layar dan menghindari musuhnya.

5. Carl Johnson

images 2021 01 27T200729.503

Orang Indonesia memanggilnya dengan sebutan “Ucok”. Carl Johnson adalah anggota gang Grove Street yang harus pulang ke Los Santos dari Liberty City usai kematian ibunya. Setelah ditelisik, pembunuh ibunya adalah gang Ballas. CJ dan kakaknya, Sweet, lalu berupaya untuk mencari tahu siapa dalang di balik pembunuhan ibunya dan balas dendam pada gang Ballas. Bisa dibilang CJ adalah karakter GTA yang paling terkenal dan populer di kalangan gamer era PS2.

6. Kratos

images 2021 01 27T200809.957

Karakter yang satu ini terkenal barbar dan sangar. Kratos diceritakah adalah bangsa Sparta yang dalam game God of War berurusan dengan Ares, sang dewa perang ketika dirinya menjadi pelayan Ares karena ingin memenangkan perang untuk bangsa sparta. Namun pada akhirnya Kratos sendiri yang membunuh Ares dan dirinya jadi dewa perang yang baru. Hampir semua gamer mengenal pria botak yang satu ini.

7. Pikachu

images 2021 01 27T200833.014

Dari namanya saja, Pikachu sudah dikenal oleh orang yang awam sekalipun. Pikachu juga menjadi maskot resmi Pokemon walaupun dalam game pertama Pokemon tahun 1996, Pikachu bukanlah salah satu dari tiga Pokemon starter yang dapat dipilih. Penggemar menyukainya, lalu Pikachu dijadikan karakter utama dalam animenya dan menjadi salah satu Pokemon milik Ash Kethcum.

8. Leon S. Kennedy

images 2021 01 27T200913.563

Bisa dikatakan jika Leon Kennedy adalah karakter Resident Evil yang paling terkenal. Meskipun kemunculannya pertama kali pada Resident Evil 2, tapi dia mulai populer di Resident Evil 4 dan nama julukannya di Indonesia adalah si Poni Lempar. Leon Kennedy adalah salah satu anggota STARS yang dalam Resident Evil 4 ditugaskan untuk menyelamatkan Ashley Graham, sang anak presiden, dari penculikan. Leon menemukan keanehan berupa virus yang menjangkiti di suatu penduduk desa.

9. Lara Croft

Karakter video game

Karakter protagonis wanita yang satu ini muncul pertama kali pada 1996 dalam Tomb Rider di Playstation. Lara Croft adalah seorang perempuan yang jago dalam atletik dan melompati rintangan ketika menjelajahi makam kuno yang penuh misteri. Game Tomb Rider sendiri sempat dibuatkan film beberapa kali. Saat ini Tomb Rider berada di bawah naungan Square Enix setelah sebelumnya menjadi milik Eidos Entertainment.

images 2021 01 27T200651.645 1

Sky
Blogger, love all about pop culture