Perbedaan Domain my.id vs xyz, Manakah yang Terbaik Untuk Blog?

images 2B 252875 2529
images 2B 252875 2529


Memilih ekstensi domain untuk blog memang gampang-gampang susah. Domain adalah identitas unik yang dimiliki blog kita, entah itu untuk WordPress maupun Blogspot. Karenanya ada sebagian blogger yang ingin menggunakan domain dengan ekstensi yang unik sebagai alternatif .com dan .net yang sudah sangat mainstream. Selain itu alasannya adalah untuk membeli domain dengan harga yang lebih murah untuk membangun blog dengan budget murah.

Ada beberapa ekstensi domain murah dan yang paling terkenal adalah my.id dan xyz. Kedua domain tersebut biasanya digunakan untuk blogger dengan budget ekonomis atau pun blogger sultan yang hobi berhemat. Kedua domain tersebut sama-sama murah. Tapi yang mana yang harus dipilih?

my.id vs xyz

My.id adalah salah satu jenis domain cTLD untuk Indonesia yang dikhususkan untuk penggunaan personal atau perorangan. Domain ini sangat terasa personal karena My yang berarti milik saya dan id bisa diartikan sebagai identitas/identity atau Indonesia. Domain my.id diluncurkan sekitar tahun 2013 yang lalu namun peminatnya sedikit. Akan tetapi jumlah penggunanya melonjak ketika PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) menurunkan harga domain my.id hingga Rp.10.000.

Domain xyz adalah salah satu dari sekian banyak ekstensi domain gTLD (global) baru yang didaftarkan pada 2014. Domain ini termasuk domain generic dan dapat digunakan oleh siapa saja tanpa syarat tertentu. Menariknya adalah domain xyz harga tahun pertamanya yang relatif murah yaitu biasanya di bawah Rp. 20.000.

1. Alasan Kamu Menggunakan my.id

images 2B 25287 2529


Kelebihan domain my.id adalah harganya yang murah yaitu paling murah Rp. 10.000 tapi ada juga provider (registrar) domain yang ingin mengeruk keuntungan yang lebih besar dan menjualnya sampai Rp. 50.000. Saran saya beliliah domain my.id di provider dengan harga termurah dan salah satunya adalah Idcloudhost.

Domain my.id menunjukan kamu sebagai blogger yang cinta tanah air karena my.id adalah domain yang dikhususkan untuk warga negara Indonesia. Verifikasi domain ini memerlukan NIK KTP. Domain ini juga masih tersedia nama-nama unik dan cantik. Seperti blog saya ini menggunakan nama teknomania.my.id 

Selain itu harga perpanjangan domain my.id juga tidak naik dan tetap murah. Dengan harga Rp.50.000 kamu bisa membeli domain dengan masa 5 tahun. Sangat murah bukan?

2. Alasan Kamu Menggunakan Domain xyz

images 2B 252875 2529 1


Domain xyz adalah domain internasional alias global Top Level Domain. Jadi domain ini digunakan di seluruh dunia dan bukan hanya di Indonesia saja. Domain ini begitu terasa unik dan antimainstream. Namun di sisi lain domain xyz bukanlah domain yang bersifat spam seperti domain gratisan layaknya .ga, .ml, dan .tk.

Harga domain xyz untuk tahun pertama cukup murah, yaitu sekitar Rp.15.000 dan cocok untuk orang yang memulai blog pertama kali dengan budget yang minim. Akan tetapi untuk perpanjangannya harganya menjadi naik dan lebih mahal dari .com.

Domain xyz juga disebut sebagai salah satu gTLD yang paling banyak digunakan setelah com, net, dan org. Kelebihan lain dari domain xyz adalah tentang keunikan dan terlihat keren. Arti xyz sendiri adalah penggabungan tiga generasi yang berbeda yaitu generasi X, Y, dan Z.

Kesimpulan

Dari pembahasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa domain my.id dan xyz sama-sama menjadi domain murah terbaik. Artinya hindari menggunakan domain gratisan karena terlihat sangat tidak profesional dan dianggap spam. Lebih baik pilih salah satu domain murah di atas. Pilih my.id jika kamu seorang nasionalis dan ingin harga murah setiap tahun. Atau pilih xyz kamu ingin terlihat keren dan unik dengan gTLD yang harganya murah di tahun pertama, tapi tak keberatan membayar lebih mahal di tahun-tahun berikutnya. 

Catatan

Baik domain my.id maupun my.id keduanya adalah sama-sama TLD dan dapat didaftarkan Google Adsense. Keduanya juga diperlakukan sama di pencarian Google. Kenapa kamu jarang menemukan situs yang menggunakan domain my.id atau xyz? Ya itu karena penggunanya kalah banyak oleh .com, jadi jarang muncul. Bukan karena domain tersebut buruk untuk SEO.

Sky
Blogger, love all about pop culture