6 Tips Cara Menjadi Terkenal di Wattpad, Jadi Penulis Hebat

images 2B 25288 2529

Jika kamu mencari cara menjadi terkenal di Wattpad, maka artikel ini akan cocok buat kamu baca. Silahkan baca tips berikut ini sampai habis dan mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Wattpad yang didirikan sejak 2005 adalah platform menulis cerita yang bebas untuk digunakan oleh semua orang ini menjadi favorit banyak orang terutama anak-anak muda dan remaja yang hobi membaca cerita baik itu novel maupun cerpen. Wattpad adalah tempat yang tepat untuk menuangkan imajinasi kita dengan cara kreatif lewat tulisan.

Platform yang identik dengan warna oranye ini telah melahirkan banyak penulis amatir menjadi terkenal dan karyanya bahkan sampai difilmkan. Banyak para penulis yang tadinya bukan siapa-siapa tiba-tiba karyanya dibaca oleh ratusan ribu hingga jutaan pembaca dan menjadi penulis tersohor.

Namun untuk menjadi terkenal di Wattpad tentunya tidak mudah karena butuh perjuangan yang ekstra. Nah, berikut ini adalah tips cara menjadi terkenal di Wattpad yang diulas secara singkat.

Tips Cara Menjadi Terkenal di Wattpad

Pilih Genre Cerita yang Paling dikuasai

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi terkenal di Wattpad adalah harus memilih genre cerita yang paling dikuasai. Biasanya para penulis yang kebelet pengen terkenal di Wattpad menulis cerita dengan genre yang paling sedang ramai dan laku. Padahal kamu belum tentu menguasai genre tersebut. Misalnya genre yang paling ramai adalah romance, dan kamu ingin terjun di dalamnya tapi tidak menguasainya maka kamu akan kesulitan dalam menulis cerita. Maka dari itu pilihlah genre yang benar-benar kamu sukai, bukan hanya memilih genre karena sekedar ikut-ikutan tren saja.

Update Yang Konsisten

Siapapun yang tidak konsisten update dan berhenti di tengah jalan dalam menulis cerita di Wattpad, maka dia akan kalah sejak saat itu juga. Maka dari itu jika kamu ingin sukses dan menjadi terkenal di Wattpad, salah satu caranya untuk mengusahakannya adalah update cerita yang rutin, dan konsisten. Minimal dalam seminggu kamu harus menerbitkan tiga bab. Ingat, kamu harus seperti itu dan buang jauh-jauh rasa malas untuk menulis. Jika kamu malas sekali saja maka cerita akan sulit selesai dan pembaca juga malas membaca cerita yang sudah lama tidak update bahkan berhenti di tengah jalan.

Jangan Spam dan Promo Paksa

Siapapun akan kesal jika mendapati kolom komentar Wattpad mereka tiba-tiba diisi oleh orang yang spam promosi karya yang tidak jelas. Alih-alih membacanya, saya sendiri akan mengacuhkannya. Saya lebih baik membaca tanpa disuruh dan memang karena tertarik dengan ceritanya. Dari itu, berhentilah untuk mempromosikan cerita kamu di cerita orang lain di Wattpad, itu sangat menyebalkan dan memberikan kesan kamu mengemis view dan vote. Jika ingin promosi, maka lakukanlah di sosial media dan itupun usahakan jangan di komunitas Wattpad yang kebanyakan juga jadi penulis. Bukannya mereka akan membaca karyamu, tapi mereka malahan balik mempromosikan karya mereka. Sangat menyebalkan bukan?

Editing dan Hindari Typo

Setiap selesai menuliskan bab baru, maka jangan langsung diterbitkan. Periksalah terlebih dahulu adanya kesalahan ketik dan pastikan penulisan sesuai dengan PUEBI. Tulisan yang berkualitas akan mendapatkan vote yang lebih banyak dan berpengaruh pada algoritma Wattpad. Tentunya akan sangat mengganggu jika cerita kita banyak salah ketik.

Ramah Terhadap Pembaca

Yang dimaksud di sini adalah kamu harus aktif dalam membalas komentar yang diberikan oleh pembaca dan ucapkanlah terima kasih karena sudah mau membaca cerita kamu. Kecuali jika ada yang komentar berisi promosi, yang seperti itu sebaik abaikan saja. Selain itu follback mereka jika kamu difollow oleh pembaca.

Terbuka Pada Kritikan

Ini yang paling penting, jika kamu sudah mulai dikenal di Wattpad dan mendapatkan banyak pembaca. Janganlah kamu berbesar kepala. Karena ketika kamu semakin dikenal, maka karyamu akan semakin disorot. Dengan demikian akan ada kritikan yang akan masuk ke kamu. Jangan baperan dan marah kepada yang mengkritik. Kritikan sudah biasa dalam dunia kepenulisan. Jika anti terhadap kritikan, maka habislah sudah.

Sky
Blogger, love all about pop culture