8 Plugin WordPress yang Wajib dipasang, Gratisan tapi Penting!

images 2021 01 13T092927.135

Bagi anda yang mempunyai website berbasis WordPress apapun itu jenis websitenya pasti menginginkan websitenya memiliki performa yang optimal. Dari itulah artikel ini akan memberikan informasi plugin wordpress yang wajib dipasang untuk menunjang performa WordPress anda.

Sebagaimana diketahui jika WordPress adalah CMS yang sangat powerfull dan mumpuni untuk dijadikan website apapun. Mulai dari blog, company profile, toko online, landing page, forum, dll. Kemampuan WordPress yang sangat powerfull tersebut memang sangat terbantu dengan kehadiran ribuan plugin yang tersedia baik itu gratis maupun berbayar. Anda dapat menginstal plugin sesuai kebutuhan. Akan tetapi menginstal terlalu banyak plugin juga tidak baik. Jadi kita harus selektif memilih plugin yang ada.

Karena setiap plugin memiliki fungsinya masing-masing dan akan sia-sia jika kita menginstal plugin yang tidak berguna untuk website yang kita miliki. Nah, berikut ini akan dibahas secara singkat plugin WordPress yang wajib dipasang untuk menunjang performa website anda.

Plugin WordPress yang Wajib dipasang di Website 

Rank Math

Plugin wordpress yang wajib dipasang

Masih banyak para pemilik website dan blog yang menggunakan plugin Yoast sebagai plugin untuk mengoptimalkan SEO. Namun sejak sekitar dua tahun terakhir, Rank Math mampu mencuri perhatian sebagai plugin SEO yang mendapatkan rating ulasan tinggi di WordPress.

Rank Math adalah pilihan yang tepat untuk menunjang SEO karena beberapa fitur premium dari Yoast terdapat pada Rank Math versi gratis. Pedoman SEO yang diterapkan oleh Rank Math juga lebih fresh dan mudah untuk diikuti. Jika tak cukup maka anda bisa upgrade ke Rank Math premium yang memiliki fitur yang lebih powerful.

LiteSpeed Cache

rUTA79QWK0Qa7oyJ80i50kASL2Q715L25THIvMEYAxKikU7f7geTtWvbk9QfYtZcljwgxVPQkRs6dc70TW prxpivuKthvjbXRlElVo7sSilflIi hT4B6sLd5I8Zgz2 ll0m KH

Salah satu plugin WordPress yang wajib dipasang adalah LiteSpeed Cache yang berguna untuk mempercepat loading website anda dengan cara melakukan object cache dan mengoptimalkan muatan konten agar blog tidak berat. Ada beberapa plugin cache lain seperti WP Rocket atau W3 Total Cache. Namun bagi sebagian orang LiteSpeed Cache adalah yang terbaik. Plugin ini sudah diinstal ratusan ribu kali dan mendapatkan nilai ulasan nyaris bintang lima.

Ninja Form

Plugin ini berguna untuk membuat berbagai formulir di halaman website anda. Terutama halaman formulir untuk kontak. Kenapa memilih Ninja Form? karena penggunaanya sangat mudah dan tampilannya juga elegan. Anda tak perlu membuat kode-kode untuk membuat formulir baru. Hanya perlu drag and drop untuk menyusun formulir kemudian save dan copy paste-kan kodenya di halaman di mana anda ingin menampilkan formulir yang anda buat.

UpdraftPlus

IJwk9ooutgziD8a34KpvUcVawjyFwXSxuYeOS1B9 9N YHysqUMOsp9yRvp6TGLgPyKT RlT8AdvzY4nwGf6AfPVmg6D

Plufgin WordPress yang wajib dipasang berikutnya adalah Updraft Plus. Fungsinya sangat penting yaitu melakukan back up terhadap website anda secara otomatis ke akun Drop Box atau Google Drive. Hebatnya lagi plugin ini gratis dan ada versi premium untuk membuka beberapa fitur yang terkunci. Setelah diinstal kamu hanya perlu membuat akun Updraft Plus kemudian menghubungkannya ke Drop Box atau Google Drive untuk menyimpan file back up. Kamu bisa menjadwalkan back up otomatis, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

AntiSpam Bee

1Lf2EAEm9ZIG0qNlf8XkDT0PWntFrKA1lARaSVT8QZbqS0H5mhPfDfZIpG6FlZUU26 pagl5l cf0KBiD9ZNEXxUnyQmWO

WordPress sudah memiliki fitur anti-spam bernama Akismet. Namun kami lebih merekomendasikan plugin AntiSpam Bee untuk menggantikannya. Antispam Bee berfungsi untuk mengusir spam termasuk spam yang bisa masuk ke dalam kolom komentar. Fitur antispam dalam plugin ini memiliki opsi untuk tidak menggunakan captcha dan tak akan mengirim informasi kepada pihak ketiga.

Site Kit By Google

pD XmLocUAOrGEnbsKuVLGrPrQHwz0JSf6Lz5ITkFgMRswBEofYvpBZ6kvfONQtvGdk8 MV0Mxgw6oD0sKo75RU8FkjUwL yKm 4syrlUu ERirNkvV76OIYcWebbDyDA9mIMibr

Plugin buatan Google ini termasuk dalam salah satu plugin WordPress yang wajib dipasang. Plugin Site Kit berfungsi untuk menghubungkan website kita ke berbagai layanan webmaster Google termasuk Google Search Console, Google Analytic, hingga Google Adsense. Dengan plugin ini, anda bisa memverifikasi kepemilikan website yang dibutuhkan untuk mendaftar Google Adsense. Jadi tak perlu lagi memasang kode yang ribet.

Jetpack

Merupakan plugin WordPress yang wajib dipasang dan sudah sangat umum. Di dalamnya terdapat beragam modul yang dapat membantu optimasi website anda. Mulai dari modul statistik pengunjung, modul komentar, mengirim postingan lewat email, dll. Jetpack biar bagaimana pun cukup penting bagi website anda. Jadi tidak ada salahnya jika anda memasang plugin buatan Automattic ini.

Elementor 

8diKFonpvkVHvs4xiil6FRl

Bagi anda pemilik Website berbasis WordPress dan jenis websitenya adalah untuk company profile, landing page, atau toko online, maka Elementor adalah salah satu plugin WordPress yang wajib dipasang. Elementor adalah plugin website page builder untuk WordPress dengan fitur yang melimpah dan sangat mudah untuk digunakan. Elementor tersedia versi gratis dan juga premium dengan fitur tambahan yang disediakan.

Sky
Blogger, love all about pop culture