5 Ponsel Android Paling Berpengaruh di Indonesia Sepanjang Masa

images 2B 25289 2529

Inilah artikel pembahasan tentang ponsel Android paling berpengaruh di Indonesia

Tidak diragukan lagi jika Android adalah sistem operasi (OS) perangkat mobile yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Milyaran orang menggunakan OS besutan Google ini dan bersaing dengan iOS buatan Apple yang merupakan OS yang bersifat tertutup dan eksklusif.

Android yang pertama kali diluncurkan pada 2008 perlahan mampu meruntuhkan kejayaan Symbian sebagai OS yang powerful. Apalagi saat itu ada Blackberry sedang dalam puncak kejayaan, namun tak mampu berinovasi dan akhirnya harus kalah dari persaingan.

Awalnya Android hadir berbagai vendor ponsel yang branded seperti Samsung dan Sony. Namun terus merambah ke berbagai vendor lain karena sifatnya yang open source. Akhirnya brand lainnya termasuk vendor lokal menggunakan Android dan menjadikan ponsel Android menjadi banyak pilihan termasuk dengan harga yang relatif terjangkau.

Di Indonesia sendiri Android mulai merambah pada sekitar tahun 2010 dan puncaknya terjadi pada tahun 2013 ketika Android murah bermunculan. Ketika itu Android murah diburu banyak orang dan setiap orang mulai menyadari betapa canggihnya Android dan Blackberry sudah ketinggalan zaman.

Nah, yang akan dibahas kali ini adalah ponsel Android murah paling berpengaruh di Indonesia. Deretan Android di bawah ini adalah Android yang laris dan sempat jadi fenomenal bagi para pecinta gadget di tanah air. Berikut adalah ulasan singkatnya

7 Ponsel Android Paling Berpengaruh di Indonesia

 

Samsung Galaxy Y

images 2B 25289 2529

 

Android paling berpengaruh di Indonesia yang pertama adalah Samsung Galaxy Y. Ponsel ini diluncurkan pada 2011 atau di saat Android belum sepopuler sekarang, saat itu masih banyak orang menggunakan Blackberry. Ponsel ini menjadi hype karena harganya yang murah untuk sebuah ukuran ponsel Android pada masa itu, yaitu sekitar satu jutaan. Pada tahun 2011 ponsel Android masih terbilang mahal dan hampir semua Android dari brand ternama harganya di atas 2 juta.

Galaxy Y mempunyai bentang layar 3 inchi dengan RAM 256 MB dan memori internal 180 MB. Spesifikasi yang sudah tidak bisa digunakan di zaman sekarang, namun pada masa itu masih digunakan dengan cukup lancar untuk sekedar bersosial media.

Smartfren Andromax Hisense E860

images 2B 252810 2529

 

Selanjutnya sebagai ponsel Android paling berpengaruh di Indonesia adalah Smartfren Andromax edisi pertama atau Hisense E860 yang diluncurkan pada tahun 2012. Ponsel ini menghentak pasar Indonesia karena harganya yang murah gila-gilaan, yaitu sekitar 600 ribuan. Namun, ponsel Andromax pertama ini hanya mendukung single SIM yang dikunci oleh Smartfren. Meski demikian, spesifikasi Andromax E860 ini cukup mumpuni di masanya. Yaitu dengan RAM 512 MB, memori internal 2 GB, Android ICS, dan bentang layar 4 inchi.

Smartfren Andromax C

images 2B 252811 2529

 

Sebelum kedatangan Xiaomi dan Realme yang menguasai pasar smartphone di Indonesia, Smartfren lewat jajaran produk Andromax-nya sempat menjadi salah satu ponsel Android paling berpengaruh di Indonesia. Yang paling fenomenal tentu saja adalah Andromax C yang diluncurkan pada tahun 2013 silam. Ponsel ini dirilis pada saat Android mulai dikenal oleh masyarakat awam. Andromax C dijual dengan harga yang kelewat murah pada masa itu, yaitu Rp 650 ribuan. Jelas saja Andromax yang satu ini sangat laris dan banyak diserbu oleh para pembeli di galeri Smartfren. Spesifikasinya memang tidak bisa dianggap rendah, yaitu Android Jelly Bean, RAM 512 MB, layar 4 inchi, memori internal 4GB, dan dual sim CDMA-GSM. Ponsel Andromax C pada saat itu sering dijadikan bahan percobaan untuk mengintsal custom ROM oleh para opreker.

ASUS Zenfone Generasi Pertama

images 2B 252812 2529

 

Ponsel Android paling berpengaruh di Indonesia selanjutnya adalah deretan seri Zenfone generasi pertama yaitu Zenfone 4, 5, dan 6 yang ketiganya diluncurkan pada 2014 yang lalu. Ketiga ponsel ini adalah produk pertama ASUS yang mulai terjun ke dunia industri smartphone. Maka itulah kenapa ketiga smartphone ini banyak menarik perhatian ketika peluncurannya. Yang paling murah adalah Zenfone 4 yang ketika pertama kali diluncurkan dibanderol dengan harga sekitar 1,5 juta dengan spesifikasi singkat Android Jelly Bean, layar 4 inchi, RAM 1GB dan dengan chipset intel atom.

 

Xiaomi Redmi 1S

images 2B 252813 2529

 

Kenapa Redmi 1S termasuk salah satu ponsel Android paling berpengaruh di Indonesia? Karena ini adalah produk pertama Xiaomi yang masuk ke Indonesia dan menjadi ponsel yang bersejarah bagi para Mifans di tanah air. Redmi 1s diluncurkan pada 2014 dan pembeliannya saat itu langsung diserbu secara online. Sang perusak pasar itu menjual Redmi 1S dengan harga sekitar 1,5 jutaan saja. Spesifikasinya juga terlampau melebihi harganya. Sebut saja bentang layar 4,7 inchi, Android Jelly Bean, Snapdragon 400, Baterai 2000 mAh, dan memori internal 8GB. Produk inilah yang mengawali kejayaan Xiaomi di Indonesia.

Sky
Blogger, love all about pop culture