5 Perusahaan teknologi terbesar di dunia, no. 4 dari china!

images 2B 252832 2529

images 2B 252832 2529

Hidup tak terlepas dari yang namanya teknologi. Teknologi sangat berpengaruh pada kehidupan manusia dan telah membawa sejumlah kemajuan. Meskipun sekarang teknologi juga banyak memberikan efek negatif, namun tak bisa dipungkiri teknologi juga memberikan kemajuan pada peradaban umat manusia. Nah, yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah tentang perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Perusahaan teknologi terbesar di dunia berikut ini memberikan dampak yang begitu besar dan juga sukses mengeruk keuntungan dari produk-produknya. Bisa jadi anda juga menjadi salah satu pengguna produk perusahaan teknologi berikut ini. Langsung saja berikut ini adalah ulasan singkatnya. 

5 Perusahaan Teknologi Terbesar dan Paling Berpengaruh

Apple

Perusahaan teknologi terbesar yang pertama adalah Apple. Perusahaan ini didirikan pada 1976 oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Perusahaan berlogo apel tergigit ini memang terkenal dengan inovasinya yang mampu mempengaruhi perusahaan teknologi yang lain. Produk bersejarah bagi Apple adalah Apple II dan Macintosh yang berjaya di masa lalu. Produk Apple yang paling berpengaruh lainnya adalah iPod, iPad, dan tentunya iPhone.

Bahkan iPhone generasi pertama yang menjadi ponsel ikonik merupakan salah satu benda bersejarah dalam dunia teknologi. iPhone dianggap menjadi ponsel yang revolusioner dengan layar sentuh penuh dan belum pernah ada sebelumnya. Produk Apple yang lain adalah Macbook yang banyak digunakan oleh kalangan menengah atas.

Google

Google didirikan pada 1998 sebagai perusahaan mesin pencari namun menggurita dan membentuk layanan lainnya termasuk sistem operasi Android. Google seolah telah menguasai peradaban manusia mulai dari mesin pencari, Google Maps yang digunakan orang di dunia untuk bernavigasi, hingga platform Youtube yang menjadi tempat jutaan orang mencari nafkah.

Sistem operasi Android yang dibesut oleh Google telah digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia. Belum ditambah lagi dengan layanan Google Adsense yang dijadikan banyak blogger untuk menghasilkan uang. Meski begitu banyak juga produk layanan Google yang gagal total seperti Google+.

Microsoft

Perusahaan teknologi terbesar yang satu ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 1975. Microsoft mempengaruhi dunia lewat sistem operasi Windows yang banyak digunakan di planet bumi. Melalui Windows dan program Microsoft Office, Bill Gates menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Produk yang paling fenomenal dari Microsoft adalah Windows XP yang diluncurkan pada 2001 yang lalu. Penggunaan Windows XP begitu fenomenal. Bahkan OS ini masih banyak digunakan ketika 10 tahun pasca rilis. Meski demikian, Windows 7 juga menjadi yang tersukses ketika diluncurkan pada 2009.

Namun, bukan berarti Microsoft tidak pernah gagal. Microsoft gagal total dalam bisnis Windows Phone dan gagal menyaingi Android dan iOS. Windows Phone walaupun dari hardware sangat mumpuni namun cukup lemah dari segi dukungan aplikasi.

Tencent

Perusahaan teknologi terbesar yang satu ini berasal dari China dan didirikan oleh Ma Huateng pada 1998. Kini Tencent menjadi raksasa teknologi di China dengan berbagai produk dan layanan. Mulai dari mesin pencari, aplikasi pesan instan, media sosial, produksi film, hingga tentu saja sebagai publisher video game. 

Tencent banyak membeli lisensi video game agar bisa dipublikasikan oleh mereka. Salah satu yang paling terkenal adalah PUBG Mobile. Game ini sebenarnya berasal dari Korea Selatan dan dimiliki oleh PUBG Company, namun untuk versi mobile lisensinya dipegang oleh Tencent dan bekerja sama dengan developer game yang ada di bawah naungan mereka.

Facebook

Media sosial raksasa ini didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 2004 di kamar asramanya saat berkuliah di Universitas Harvard. Awalnya Facebook hanya digunakan untuk lingkungan kampus dan meluas bisa digunakan oleh berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat. Kemudian pada 2006 Facebook terbuka untuk umum yang memiliki alamat email. Facebook lantas menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan satu milyar lebih akun sudah terdaftar.

Mark Zuckerberg yang Dropped Out dari Harvard kemudian menjadi salah satu orang terkaya di usia muda di dunia. Kini Facebook semakin berkibar setelah membeli Whatsapp dan juga Instagram. Penghasilan yang didapat oleh Facebook adalah dari pemasang iklan.

Sky
Blogger, love all about pop culture