5 Alasan Kamu Harus Ngeblog Menggunakan Blogger dibandingkan WordPress

images 2B 252863 2529

images 2B 252863 2529


TeknoMania – Di era sekarang ini informasi berbasis teks masih tetap dibutuhkan karena tidak selamanya orang harus menonton video. Oleh karena itu, ngeblog sebenarnya masih tetap menjanjikan mendatangkan visitor yang banyak baik itu hanya sekedar untuk hobi maupun mendapatkan penghasilan tambahan alias cuan.

Untuk bisa ngeblog tentunya membutuhkan sebuah platform dan salah satu platform ngeblog yang populer adalah Blogger atau juga yang biasa disebut Blogspot. Nah, dalam artikel singkat kali ini akan dibahas kenapa kamu harus ngeblog menggunakan platform Blogger. Langsung saja ini dia pembahasan singkatnya.

Sejarah Blogger

Blogger atau Blogspot adalah platform penerbitan online yang merupakan salah satu yang tertua di dunia. Blogger didirikan oleh perusahaan bernama Pyra Labs pada 1999 dan kemudian dibeli oleh Google pada 2003. Setelah menjadi milik Google, semua fitur berbayar Blogspot menjadi gratis oleh semua pengguna. 

Blogger juga turut memperkenalkan format blog berupa tulisan online yang dipublikasikan oleh perorangan atau kelompok. Tampilan Blogger secara default memang sangatlah terbatas, namun pengguna bisa menggantinya dengan template sendiri yang tersedia di internet baik itu yang gratis atau pun membelinya kepada pembuat template premium.

Blogger masih banyak digunakan sebagai media penerbitan blog yang sederhana dan mudah untuk digunakan walaupun jika dilihat dalam jumlah website di dunia, Blogger kalah oleh WordPress yang merupakan media penerbitan online yang bersifat open source

5 Alasan Kamu Harus Ngeblog Menggunakan Blogger

1. Gratis

Alasan yang pertama adalah gratis. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa menggunakan Blogger. Hal ini berbeda ketika kamu menggunakan CMS seperti WordPress yang harus membayar biaya sewa hosting entah itu per bulan atau per tahun. Kamu hanya perlu mempunyai akun Google dan per akun kamu bisa membuat maksimal 100 blog. 100 blog merupakan jumlah yang lebih dari cukup.

2. Bisa Custom Domain

Alasan yang kedua adalah walaupun domain default Blogger yang gratisan berupa subdomain.blogspot.com dan terlihat sangat amatiran, namun kamu bisa mengubahnya dengan domain TLD milikmu sendiri. Caranya adalah dengan membeli nama domain di provider nama domain pilihan kamu dan menghubungkannya ke blog milikmu.

3. Loading Cepat dan Jarang Down

Ketika menggunakan WordPress, kamu harus memilih hosting yang berkualitas seperti loading yang cepat dan jarang down. Tentunya hal itu membutuhkan biaya karena hosting yang berkualitas punya harga yang lebih tinggi. Nah, di Blogspot kamu tak perlu memikirkan itu semua karena blog kamu sudah dihosting di server raksasa milik Google. Sudah pasti loadingnya kencang asalkan menggunakan template yang tepat. Selain itu sever milik Google jarang sekali mengalami down.

4. Bisa Menampung Pengunjung Sebanyak-Banyaknya

Di blog yang dihosting sendiri kamu juga harus memikirkan spesifikasi hostingnya. Sebab jika blog kamu sudah ramai oleh visitor maka kapasitas spesifikasinya juga harus ditingkatkan lagi. Di Blogger berapapun visitor yang datang, kamu tidak akan disuruh bayar dan akan tetap mampu menampung ratusan ribu bahkan jutaan pengunjung.

5. SEO Friendly

Baik WordPress maupun Blogger semuanya sama di mata Google dan tidak dibedakan dalam kemunculannya dalam mesin pencari. Blogger dapat dikatakan SEO Friendly karena loadingnya yang cepat dengan syarat menggunakan template yang ringan dan responsif. Untuk bisa menunjang SEO, kamu harus membuat konten artikel yang berkualitas dan konsisten.

Sky
Blogger, love all about pop culture