4 Halaman yang Wajib Ada di Blog Agar Terlihat Profesional

home office 336374 1920
home office 336374 1920


Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang halaman yang wajib ada di blog. Ya, untuk membuat blog yang terlihat profesional diperlukan beberapa kiat agar semuanya berjalan maksimal. Apalagi bagi kamu yang menginginkan penghasilan dari blog. Perlu optimasi lebih lanjut agar blog kamu terlihat profesional. Mulai dari memilih platform untuk ngeblog, memilih hosting, memilih domain, theme, membuat konten berkualitas, hingga membuat halaman yang wajib ada di blog.

Selain harus membuat konten berkualitas, blog yang terlihat profesional adalah yang mempunyai tampilan yang elegan dan menu navigasi yang lengkap. Menu yang lengkap di sini artinya ada menu yang memuat kategori dan menu halaman utama blog itu sendiri.

Diperlukan halaman yang harus kamu buat dan berikut ini adalah ulasan singkatnya.

 

4 Halaman Yang Wajib ada di Blog

 

1. Halaman Tentang

Selain homepage halaman yang wajib ada di blog adalah halaman “tentang”. Halaman ini mutlak harus ada di blog agar pengunjung dan orang yang ingin mengetahui kepo tentang blog kamu bisa dengan mudah mengetahui informasi profil blog milikmu. Halaman ini harus diisi dengan informasi seputar blog kamu secara detail namun jangan terlalu panjang. Minimal 100 kata saja cukup.

Buatlah informasi tentang blog kamu mulai dari niche blog, pengelola, penulis, dan kapan blog kamu mulai online. Jelaskan dengan bahasa yang jelas dan menarik. Walaupun pengunjung akan jarang membuka halaman ini karena mereka banyak datang dari mesin pencari. Akan tetapi, halaman ini penting jika ada orang yang ingin bekerjasama dan ingin melihat profil blog milikmu.

 

2. Kontak 

Halaman yang wajib di blog selanjutnya adalah halaman kontak. Ini berguna bagi orang yang ingin bertanya pada pemilik blog khususnya untuk pengajuan kerjasama. Kamu harus memberikan informasi kontak kamu yang bisa dihubungi. Minimal kamu harus mencantumkan email milikmu yang bisa dihubungi.

Akan lebih baik jika kamu juga mencantumkan link akun sosial media  mulai dari Facebook, Instagram, Twitter. Jika perlu kamu juga bisa mencantumkan nomor Whatsapp atau Telegram. Karena jika blog milikmu sudah ramai, maka kemungkinan ada orang yang mengajak kerjasama melalui review berbayar atau content placement.

3. Kebijakan Privasi

Jika kamu ingin blog milikmu terlihat profesional maka halaman yang harus ada salah satunya adalah halaman kebijakan privasi atau dalam Bahasa Inggris disebut Privacy Policy. Halaman ini sebenarnya cukup penting untuk dibuat karena berisikan informasi yang penting bagi pengunjung. Maka dari itu halaman ini termasuk dalam halaman yang wajib dipasang di blog. 

Kebijakan privasi ini secara garis besar adalah dokumen hukum, upaya besar harus dilakukan untuk menyusun dokumen kebijakan ini agar tercipta dokumen yang akurat dan mudah dimengerti, dan tanpa ada hal yang tersembunyi Ini berisi rincian informasi tentang pandangan dan prosedur situs web Anda pada informasi yang dikumpulkan dari pengunjung.

Bagaimana cara membuat kebijakan privasi untuk blog? Kamu bisa membuatnya di situs Privacy Online. Di sana kamu tinggal mengisi form yang ada dan teks kebijakan privasi akan muncul dalam bahasa Inggris. Kamu bisa translate dengan Google Translate atau dengan cara manual.

 

4. Disclaimer

Berikutnya yang termasuk halaman yang wajib dipasang di blog adalah laman disclaimer. Apa sih disclaimer itu? Disclaimer dalam website adalah kalimat peringatan untuk konsumen atau publik mengenai kualitas barang riil, artikel, anjuran, advis, ramalan dan benda abstrak lainnya. Tujuan disclaimer adalah untuk melepaskan tanggung jawab atau memindahkan tanggung jawab dari sumber ke pengguna.

Dengan kata lain, disclaimer bertujuan untuk penolakan tanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada pengguna. Misalnya kamu membuat artikel tips mempercepat blog dan pengguna mengikuti tips tersebut tapi karena kurang teliti malah berakibat buruk pada blognya sendiri. Di sinilah disclaimer berperan penting dan bisa menyanggah bahwa itu resiko ditanggung oleh pengguna.

Itu artinya penting bagi website atau blog memiliki halaman disclaimer. Kamu bisa membuat halaman disclaimer dengan menggunakan disclaimer generator yang tersedia di internet atau membuatnya dengan cara manual.

Itulah dia artikel singkat tentang 4 halaman yang wajib ada di blog dari MaestroTekno. Halaman-halaman tersebut penting apalagi jika kamu berniat untuk mendaftar Google Adsense.

 

Sky
Blogger, love all about pop culture