JKT48 Resmi Lakukan Restrukturisasi, Selengkah Lagi Menuju Bubar

images 2021 01 12T091932.755

JKT48 telah resmi lakukan Restrukturisasi

JKT48 PHK Setengah Membernya

Fans JKT48 harus menelan kekecewaan pada tanggal 11 Januari 2021 dengan adanya restrukturisasi para membernya. Bahasa halus untuk PHK. Program ini sejatinya telah diumumkan pada November 2020 melalui Melody Laksani, Manager Theater JKT48.

Dikatahui bahwa JKT48 mengalami kerugian besar selama masa pandemi. Sejumlah event harus dibatalkan bahkan show theater berhenti beberapa untuk beberapa bulan.

Tak pelak dengan PHK besar-besaran ini membuat fans kecewa dan meradang. Pasalnya restrukturisasi ini hanya menyisakan 33 member saja. 26 member lainnya harus angkat koper dari grup yang merupakan sister grup AKB48 ini.

Dua member yang terkena restrukturisasi diantaranya adalab Afiqah dan Yori. Dua nama itu memicu kemarahan fans karena mereka dinilai justru menjadi member paling potensial dan banyak penggemar.

Berikut ini adalah kutipan pengumuman yang tertera dari laman website resmi JKT48:

Terima kasih atas dukungannya untuk JKT48.

Seperti yang telah diumumkan pada 10 November yang lalu, oleh karena efek pandemi COVID-19 di Indonesia, sejak pertengahan bulan Maret 2020 hingga saat ini kegiatan JKT48 menjadi sangat sulit untuk dijalankan. Di akhir tahun lalu tim manajemen dan para stakeholder telah melakukan diskusi terus-menerus untuk memikirkan cara agar JKT48 tidak bubar.

Dari hasil diskusi tersebut, satu-satunya cara untuk bisa tetap bertahan adalah dengan melakukan pengurangan jumlah member dan staff JKT48. Kami memutuskan untuk melakukan perubahan skala besar dalam grup. Ini adalah hal yang sangat berat, tapi kami tidak punya pilihan lagi selain mulai membangun semua dari awal.

Oleh karena itu, kami akan meluluskan para member yang akan berpisah dari grup ini dalam event “Upacara Kelulusan Khusus JKT48”. Event ini akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari.

Berikut ini kami akan mengumumkan kepada para fans sekalian mengenai member yang akan berpartisipasi dan lulus dalam event tersebut:

・Team J

Adriani Elizabeth

Amanina Afiqah

Diani Amalia Ramadhani

Gabriel Angelina

Nabila Fitriana

Riska Amelia

Sania Julia

・Team KIII

Anastasya Narwastu

Fidly Immanda

Kandiya Rafa

Nurhayati

Rinanda Syahputri

・Team T

Aurel Mayori

Umega Maulana

Viona Fadrin

・Academy Class A

Caithlyn Gwyneth

Chalista Ellysia

Christabel Jocelyn

Cindy Nugroho

Febi Komaril

Febrina Diponegoro

Gabriella Stevany

Keisya Ramadhani

Nabila Gusmarlia

Putri Elzahra

Shinta Devi

Mungkin sulit untuk meminta pengertian akan langkah yang berat ini. Tapi kami yakin para fans sekalian akan mengerti.

Mohon selalu dukungannya untuk JKT48.

JKT48 Operation Team.

Sejak tiga tahun terakhir, JKT48 memang mengalami penurunan popularitas seiring telah lulusnya beberapa member pilar seperti Nabilah, Haruka, Melody, Veranda, hingga Zara. Ditambah lagi dengan pandemi yang merebak sejak 2020, JKT48 semakin banyak mengalami kerugian. Sejumlah event yang harusnya bisa mendatangkan profit seperti Pemilihan Umum Member, Turnamen Janken, Event dengan OFC, Circus, dll terpaksa ditiadakan. Belum lagi show theater yang tidak sepenuhnya bisa dihadiri penonton dengan kapasitas penuh.

Saat artikel ini diturunkan, banyak fans menuai kekecewaannya kenapa managemen JKT48 (JOT) malah meluluskan member yang potensial seperti Afiqah dan Yori yang memang sangat disayangkan.

Sementara itu dengan 33 member yang tersisa, kini fans tidak tahu JKT48 ke depannya. Apakah hanya ada satu team seperti di awal atau seperti apa.

Namun, kita bisa memprediksi jika JKT48 semakin banyak ditinggal banyak fans dan terus mengalami kerugian, maka bubar adalah jalan yang paling realistis.

JKT48 dibentuk pada Desember 2011 sebagai sister group AKB48 di Jepang. Mereka mencapai puncak popularitas pada 2013 dan sering wara-wiri di tv. Namun sejak 2017 pamor JKT48 mulai meredup. 

images 2021 01 12T092152.058

Berbagai cara dilakukan agar fans lama bisa kembali sekaligus mendatangkan fans baru. Salah satunya dengan program Reboost dan regenerasi member. Dengan kedatangan generasi 7 dan 8, harapan baru pun muncul. Akan tetapi harus sirna karena pandemi. 

fromandroid 32cab79a6064868ea7654d6df6751118

Sekedar informasi, Afiqah merupakan member generasi 8 yang lolos audisi pada April 2019. Afiqah dianggap menjadi bintang masa depan dikarenakan popularitasnya yang merupakan mantan bintang iklan biskuit yang fenomenal pada 2012 yang lalu. Sementara Aurel Mayori atau Yori adalah salah satu member generasi 7 yang populer di kalangan internal (fans).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika member berkurang banyak, maka fans pun harusnya berkurang. Dengan hal itu pemasukan menjadi berkurang dan berpotensi mengalami kerugian lagi. Jika terus rugi, ya harus bubar jalan.

Mika Loki
Gamer love live school idol festival dan menyukai musik metal.