7 CMS yang Paling Banyak digunakan Untuk Membuat Website

download 4

7 CMS yang Paling Banyak digunakan di Dunia

Bagi anda para blogger, web developer, ataupun lainnya yang berhubungan dengan website. Anda pasti mengenal yang namanya Content Management System (CMS) atau jika dalam Bahasa Indonesia disebut sistem manajemen konten.

Apa Itu CMS?

Cms yang paling banyak digunakan

CMS adalah suatu sistem aplikasi yang dapat memungkinkan seseorang untuk memanipulasi, mengubah, dan membuat konten dalam website tanpa harus mengerti coding yang rumit. Dengan kata lain, CMS berfungsi sebagai pengelola suatu website dan dapat digunakan oleh orang tanpa harus menguasai ilmu programming dan coding. Dengan CMS kita bisa membangun sebuah website dengan metode yang terdapat pada CMS tersebut. Ada banyak CMS di dunia dan berikut ini adalah pembahasan singkat tentang CMS apa saja yang paling populer di dunia.

7 CMS yang Paling Banyak digunakan di Dunia

WordPress

Ya, WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan dan terpopuler di dunia. CMS yang dirancang oleh Matt Mullenweg ini populer karena sifatnya yang open source, mudah digunakan, namun di sisi lain sangat powerfull. Sekitar 30% website di internet bahkan menggunakan WordPress dan banyak situs-situs besar menggunakan CMS ini. Seperti yang diketahui, WordPress dapat digunakan untuk blog, portal berita, website profil, website pendidikan, toko online, website kursus online, forum, dll.

Joomla!

Joomla! berada di nomor dua sebagai CMS paling populer yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. Joomla! Pertama kali diluncurkan pada 2005 dan saat ini masih banyak yang menggunakan untuk alternatif selain WordPress. Joomla! Juga bersifat sumber terbuka sehingga bisa digunakan secara gratis. Biasanya Joomla! digunakan untuk website profil perusahaan. Ada juga yang menggunakan Joomla! yang menjadikannya sebagai platform blogging walaupun tidak sebanyak WordPress.

Drupal

Selanjutnya ada Drupal yang merupakan CMS open source dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2000 atau tiga tahun sebelum WordPress ada. Drupal cukup banyak digunakan oleh para pembuat website di seluruh dunia. Website terkenal yang menggunakan Drupal antara lain adalah website Tesla, Timex, Bruno Mars, Lady Gaga, dan Princess Cruises.

Shopify

Shopify mungkin kurang populer di Indonesia. CMS ini dikhususkan untuk membangun toko online skala menengah hingga atas dan untuk menggunakan Shopify diharuskan berbayar karena terdapat fitur yang cukup powerfull. Shopify didirikan pada 2004 dan menjadi salah satu CMS dengan perkembangan tercepat.

SquareSpace

Sama halnya dengan Shopify, SquareSpace juga merupakan CMS berbayar. CMS ini juga hanya bisa dihosting di server SquareSpace sendiri dan tidak dapat diinstal di hosting sendiri. SquareSpace mengharuskan pengguna harus membayar biaya langganan untuk menggunakannya. Sistem building website dalam SquareSpace cukup mudah yaitu dengan drag and drop.

Wix

Wix yang ada sejak 2006 ini terkenal sebagai website builder yang mudah digunakan. Wix menyediakan dua layanan yaitu gratis dan berbayar. Untuk bisa menggunakan domain sendiri, pengguna harus upgrade ke layanan premium. Begitu juga jika ingin websitenya bisa berjualan online.

Magento

CMS yang paling banyak digunakan selanjutnya adalah Magento yang merupakan CMS untuk toko online. Magento mempunyai banyak fitur yang mumpuni sebagai CMS toko online sehingga banyak digunakan oleh toko-toko online terkemuka. Size CMS Magento bahkan cukup besar untuk ukuran pembuat website. Selain itu Magento dapat diinstal dan digunakan secara gratis walaupun ada beberapa ekstensi berbayar untuk meningkatkan kualitas website ecommerce yang dibangun.

Itulah pembahasan tentang CMS paling banyak digunakan di seluruh dunia. Selain daftar di atas ada juga CMS lain seperti Prestashop, Opencart, vBulletin, dll.

Sky
Blogger, love all about pop culture