Inilah 5 Alasan Telegram Lebih Baik dari Whatsapp

images 2B 252814 2529

images 2B 252814 2529

Saat ini Whatsapp menjadi aplikasi pesan instan atau messenger yang paling banyak digunakan di dunia dan dipakai oleh milyaran orang di planet bumi. Jika dulu orang-orang menggunakan SMS untuk berkirim pesan jarak jauh maka sekarang sudah mulai ditinggalkan. Sedangkan kompetitor Whatsapp adalah Telegram yang berasal dari Rusia. Nah, yang akan dibahas kali ini adalah alasan Telegram lebih baik dari Whatsapp

Sejarah Singkat Whatsapp


Whatsapp didirikan pertama kali pada 2009 sebagai aplikasi pesan instan untuk perangkat iOS. Lalu kemudian merambah ke Android, Windows Phone, dan Symbian walaupun akhirnya hanya bertahan untuk Android dan iOS di kala sistem operasi lainnya bertumbangan. Namun saat ini juga tersedia Whatsapp versi web yang bisa digunakan untuk PC. Whatsapp menggunakan nomor seluler sebagai identitas unik pengguna sehingga tak membutuhkan nomor PIN.

Awalnya Whatsapp mengenakan tarif sekitar Rp.10.000/tahun dan gratis untuk tahun pertama. Namun setelah dibeli oleh Facebook pada 2014, Whatsapp menjadi gratis sepenuhnya dan tanpa iklan. Karena gratis dan tanpa iklan, Whatsapp mampu menumbangkan BBM yang semakin tenggelam.

Sejarah Telegram

Aplikasi pesan instan Telegram didirikan pada 2013 oleh pengusaha asal Rusia, Pavel Durov. Menariknya, Telegram dibuat sebagai aplikasi pesan instan yang 100% gratis dan dikelola oleh organisasi yang bersifat nirlaba. Pendiri Telegram menyebutkan bahwa aplikasinya bersifat gratis dan tidak akan menjadi komersial atau mengambil keuntungan. Telegram sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia karena disinyalir digunakan untuk kegiatan yang bersifat radikalisme. Setelah pihak Telegram mengubah sistem yang ada, blokir di Indonesia dibuka kembali dan aplikasi ini dapat digunakan kembali.

Saat ini, jumlah pengguna Telegram bisa dikatakan menyaingi jumlah pengguna Whatsapp. Di Indonesia sendiri masih banyak yang menggunakan Whatsapp. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Telegram lebih baik dari Whatsapp sebagai aplikasi pesan instan. 

5 Alasan Telegram Lebih Baik dari Whatsapp

  1. Kapasitas Anggota Grup

Baik Whatsapp maupun telegram, keduanya memiliki fitur chat grup. Namun keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Yaitu jumlah kapasitas maksimal anggota yang bergabung pada grup. Jika Whatsapp hanya bisa menampung 256 orang pada setiap grup chat. Maka Telegram memiliki kapasitas hingga 200.000 orang untuk satu grup. Sangat gila sekali bukan?

  1. Penyimpanan Data Tak Terbatas

Penyimpanan data media di Telegram tidak mempunyai batasan dan setiap anda mengirimkan dan menerima media berupa video dan gambar, semuanya akan tersimpan otomatis di cloud Telegram anda. Ini artinya anda tidak akan kehilangan data penting seputar chat karena semuanya sudah ter back up otomatis oleh sistem. Ini berbeda dengan Whatsapp di mana jika media chat terhapus dan belum mencadangkannya maka akan hilang untuk selamanya.

  1. Secret Chat dan Username

Di Whatsapp, anda hanya bisa menggunakan nomor seluler sebagai identitas unik, hal ini berbeda dengan Telegram yang bisa menggunakan username unik sebagai identitas lain dan lebih mudah untuk membagikannya kepada orang lain.

Selain itu fitur Telegram lainnya yang sangat menarik adalah fitur secret chat. Inilah salah satu alasan kenapa Telegram lebih baik dari Whatsapp. Dalam secret chat, obrolan anda akan dienkripsi dan dikunci sehingga membutuhkan password untuk membukanya. Selain itu di dalamnya terdapat fitur penghancur pesan otomatis berdasarkan waktu yang kita inginkan, mulai dari hitungan detik sampai harian. Ini sangat membantu bagi anda yang privasinya ingin aman ketika melakukan chat.

  1. Tampilan Yang Bisa diubah

Banyak orang yang mengeluh jika tampilan UI Whatsapp sangat membosankan dan kemudian mencari dan mengunduh Whatsapp versi mod dengan tampilan yang sudah dimodifikasi. Padahal file yang diinstal belum tentu aman karena bukan dari sumber yang asli.

Sedangkan Telegram memiliki fitur untuk bisa mengubah tampilan UI. Tak hanya bisa mengubah wallpaper chat saja, tapi bisa mengubah tema warna yang ada. Sangat menarik bukan?

  1. Multi Perangkat

Whatsapp hanya mengizinkan satu akun hanya bisa diakses satu perangkat saja. Lain halnya dengan Telegram yang mengizinkan satu akun bisa diakses oleh beberapa perangkat dalam waktu bersamaaan. Pengguna di telegram dapat masuk ke beberapa perangkat secara bersamaan dan dapat menerima pesan di semua perangkat. Jadi cocok untuk penggunaan akun bisnis. Tentunya ini membuat Telegram lebih baik dari Whatsapp.

Itulah pembahasan singkat tentang alasan Telegram lebih baik dari Whatsapp. Selain kelima alasan di atas sebenarnya ada beberapa kelebihan lainnya dan tentu saja Whatsapp juga memiliki kelebihannya sendiri. 

Sky
Blogger, love all about pop culture