Perbedaan Team di JKT48, J, KIII, dan T, yang Mana Favorit Kamu?

photoGridMaker 20201219 100334859 1 scaled

Seperti yang diketahui jika JKT48 sebagai grup idola di Indonesia punya konsep yang unik. Salah satunya adalah tentang pembagian team dan artikel ini akan membahas secara singkat tentang perbedaan Team di JKT48. Yaitu ada Team J, KIII, dan T.

Setiap tim punya ciri khas masing-masing bahkan punya fans purist masing-masing. Selain itu ada juga member yang identik dengan satu tim saja dan ada pula yang multi team.

Nah, langsung saja kita ke pembahasan singkat tentang perbedaan Team di JKT48.

Perbedaan Team di JKT48

Team J

16083463761445419469612723692069

Sama halnya dengan Team A di AKB48, Team J adalah tim yang pertama dibentuk di JKT48. Team J dibentuk pada 23 Desember 2012 atau setahun setelah JKT48 ada. Ketika pertama kali dibentuk, Team J original beranggotakan semua member generasi pertama.

Kapten pertama yang terpilih pertama adalah Kinal. Beberapa bulan kemudian, Team J original menjadi senbatsu dalam debut single, River.

Di Team J banyak top member lahir mulai dari Melody, Nabilah, Veranda, dan Haruka. Image dari Team J sendiri adalah ratu para idola yang punya karakter entertainment yang kuat.

Tidak heran jika MC Team J selalu menghibur. Setlist perdana Team J di theater adalah Renai Kinshi Jorei (Aturan Anti Cinta). Hingga saat ini telah mementaskan 6 setlist termasuk Idol no Yoake (Fajar Sang Idola). Warna kebesaran Team J adalah merah.

Team KIII

Team di JKT48
Team KIII ketika era Kinal

Team KIII dibentuk pada 25 2013. Ketika pertama kali terbentuk, seluruh anggota Team KIII original adalah dari member generasi kedua. Kapten pertama yang terpilih adalah Naomi. Warna kebesaran Team KIII adalah kuning.

Image Team KIII adalah total dance yang powerfull. Dengan kata lain, member KIII kebanyakan memiliki skill dance yang powerfull dan enerjik. Itulah kenapa Beby dipindahkan ke Team KIII karena dia adalah salah satu member dengan skill dance terbaik.

Setlist utama yang telah dibawakan oleh Team KIII sudah ada lima. Setlist perdana mereka adalah Boku no Taiyo (Matahari Milikku). Selain itu, para member KIII identik dengan postur tubuh mereka yang tinggi bak model.

Top member yang berasal dari KIII ada Shani yang dua kali jadi pemenang pemilihan member.

Sekedar informasi bagi yang belum tahu. Kenapa namanya bukan Team K saja, itu karena sudah digunakan oleh Team K di AKB48 dan Team KII sudah dipakai oleh SKE48

Team T

16083465411302726511875793506042Merupakan si bungsu di JKT48. Dibentuk pada 26 Januari 2015 dengan member originalnya berasal dari generasi tiga. Yang unik dari Team T adalah sudah berganti formasi utama beberapa kali. Kapten pertamanya adalah Haruka yang merangkap sebagai member team J. Warna kebesarannya adalah pink.

Image Team T adalah cute dan identik dengan member yang berusia muda alias masih kinyis-kinyis.

Formasi Team T yang pertama adalah Team T member generasi 3 yang dipimpin oleh Haruka. Kemudian Team T era Melody yang berisikan member generasi empat dan lima. Setelah itu ada era Ayana dengan image Fresh Peach. Terbaru adalah Team T era yang dipimpin oleh Celine dengan beranggotakan member generasi tujuh dan delapan ditambah satu member lagi, Anin yang jadi triple Team.

Sementara itu setlist perdananya adalah Pajama Drive yang berstatus sebagai waiting list.

Oh iya, eks member yang paling terkenal dari Team T tentu saja adalah Adhisty Zara.

Kesimpulan

Itulah pembahasan Team di JKT48. Setiap Team di JKT48 punya ciri khasnya masing-masing dan membentuk kesatuan grup. Jadi sebenarnya tak ada istilah Team ini lebih baik dari team itu. Karena kalau cuma satu tim saja. Di mana letak keseruan ngidol JKT48?

referensi

Mika Loki
Gamer love live school idol festival dan menyukai musik metal.