4 Alasan Kita Harus Investasi Saham, Minim Resiko dan Bukan Judi

1608095230531

Berikut ini adalah pembahasan kenapa kita harus investasi saham. Setelah kemarin kita membahas tentang per drakoran sekarang mari kita membahas tentang saham. Banyak yang masih bingung Saham itu apa sih? Apasih Untungnya beli saham?, Kenapa kita harus nabung/ Invest saham? Saham = Haram/ Riba. Langsung saja penjelasannya dari jurumata.com kenapa kita harus investasi saham.

1. Saham itu apa sih?

Harus investasi sahamPoin pertama kenapa kita harus investasi Saham adalah kita harus mengerti dulu apa itu saham. Saham adalah Bukti Kepemilikan terhadap suatu perusahaan yang berbentuk perseroan Terbatas (PT) (baik itu yang tebuka maupun tertutup) atau dengan kata lain saham itu adalah surat milik. Jadi, ketika kita beli saham di perusahaan berarti kita membeli perusahaan tersebut. Termasuk juga hak dan kewajiban yang melekat didalamnya. Tapi sekarang saham udah bukan berbentuk surat lagi sudah beralih ke surat elektronik.

2. Apa sih untungnya beli Saham?

16080952029998108103054122318064

a. Capital Gain

Membeli suatu usaha bersama, keuntungan yang bisa kita peroleh pada saat beli saham adaah kenaikan nilai dari usaha tersebut (disaham disebut kenaikan harga saham/Capital Gain)

b. Deviden / Bagi Hasil

Apabila suatu usaha bersama mendapatkan keuntungan, tentunya juga melalui keputusan bersama, lalu keputusan tersebut dapat dibagi yang disebut deviden/ bagi hasil.

3. Mengapa Harus Investasi Saham?

16080952305314501763549052662943Dilansir IDX ada tiga utama mengapa kita harus nabung saham.

a. Untuk Melawan Inflasi

Inflasi didefinisikan sebagai kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus sehingga nilai uang terus menurun. Agar uang kita bisa mengejar naiknya harga ini kita harus pintar pintar mengelolanya, salah satunya dengan investasi. Ada banyak investasi seperti emas, obligasi, saham, tanah, deposito berwirausaha dan lainnya. Apakah kalian tahu? Ada investasi yang terbukti memberikan keuntungan jauh diatas kenaikan harga barang yaitu investasi saham!

b. Menyelamatkan Masa Depan

Pentingnya kesadaran sedini mungkin untuk menyiapkan dana dimasa depan. Sedini mungkin kita menyisihkan dana untuk berinvestasi, maka semakin optimal investasi kita menyelamatkan dimasa depan kita. Karena itu, lebih dini berinvetasi.. Yuk Nabung Saham

c. Untuk Meraih Mimpi

Siapa sih yang gapengen punya mobil, rumah, kuliah diluar negri, apakah cukup untuk rajin menabung? Jika hanya mengandalkan tabungan dibank, bunganya tidak akan cukup untuk mengejar inflasi atinya Artinya, mimpi kita yang nilainya saat ini Rp50 juta, pada saat tabungan kita mencapai Rp50 juta harganya sudah naik bukan Rp50 juta lagi.

Jika kita bandingkan dengan menabung saham, rata-rata return jangka panjang saham terbukti lebih tinggi dibandingkan investasi lainnya. Dengan rutin setiap bulan membeli saham dan berapapun nilainya walaupun sedikit, menabung saham bisa mendekatkan jarak tabungan kita dengan mimpi kita.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk Nabung Saham? Sekarang yang ingin Nabung saham sudah mudah, siapa dan kapan saja.. dahulu ketika ingin menabung saham itu hanya orang tertentu saja yang bisa melakukannya.

4. Saham = Gambling , Haram dan Riba. Bukan Seperti Itu!

16080952363427252227748869822791

Banyak yang bilang saham itu gambling, riba dan haram… aku jelasin yaaa mekasnisme dalam jual beli saham sudah sesuai dengan prinsip syariah dan sudah ada fatwa mui nya kalian bisa cari fatwa mui pasar modal.

Prinsip dalam kepemilikan saham itu bai Musyarakah, nah bai musyarakah itu adalah bersama sama dalam suatu usaha jadi maksudnya lebih ke untung sama- sama, rugi juga sama-sama kalo dilogikakan tidak ada unsur ribanya , kecuali kalo bisnis perusahaannya itu merupakan bisnis riba kek perbankan konven atau asuransi dll.

Jadi bagaimana sudah tahukan apa itu saham? Apakah kalian tertarik untuk nabung saham? Dengan modal 100rb kalian udah bisa beli 2 slot saham di perusahaan berbeda. Demikianlah pembahasan singkat kenapa kita harus investasi saham.