Inilah 10 Manga Terlaris Sepanjang Masa, Naruto Kalah Oleh One Piece!

images 1044

Pembahasan tentang manga terlaris memang menarik untuk diikuti, karena kita tahu penggemar manga Jepang di seluruh dunia sangat banyak.

Manga adalah sebutan untuk komik Jepang dan menjadi sebuah industri yang besar di Negeri Sakura tersebut. Manga dan anime merupakan satu dari banyak penggerak roda ekonomi di Jepang selain teknologi dan otomotif. Sejarah manga sendiri sudah berlangsung lama dan ada banyak majalah manga di Jepang yang memuat judul-judul manga dan terbit setiap minggu.

Terjadi perkembangan pesat terhadap manga di era 1970an dan puncaknya pada 90an hingga sekarang manga sudah mendunia. Nah, yang akan dibahas kali ini adalah tengang manga terlaris sepanjang masa.

Dalam dunia manga dikenal tankobon yaitu manga yang terdiri dari kumpulan chapter yang dijadikan satu buku atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan volume. Tankobon inilah yang dijadikan patokan penjualan manga terlaris. Berikut ini adalah deretan manga terlaris yang sudah dirangkum Jurumata.com

10 Manga Terlaris Sepanjang Masa

Bleach (2001-2016, 120 juta copy) Tite Kubo

images 1035

Di peringkat kesepuluh sebagai manga terlaris ada Bleach yang merupakan manga Tite Kubo. Manga ini pertama kali terbit pada 2001 dan tamat pada 2016 yang lalu. Manga dan anime ini menceritakan seorang remaja SMA yang tiba-tiba terpaksa menjadi Shinigami atau dewa kematian setelah menyelamatkan Rukia Kuchiki yang seorang Shinigami. Rukia adalah Shinigami yang bertugas di dunia manusia. Manga bleach terjual sekitar 120 juta copy.

Slam Dunk (1990-1996, 126 juta copy) Takehiko Inoue

images 1034

Slam Dunk yang merupakan manga karya Takehiko Inoue dan menjadi manga terlaris sepanjang masa di nomor sembilan. Manga ini terbit pertama kali pada 1990 dan tamat pada 1990. Manga ini sangat fenomenal sebagai manga sports tentang bola basket.

Mengisahkan Hanamichi Sakuragi yang merupakan berandalan SMA yang masuk klub basket setelah termotivasi oleh gadis yang disukainya. Slam Dunk terjual 126 juta copy.

Oishinbo (1983-2014, 130 juta copy) Tetsu Kariya, Kariya Hanasaki

images 1036

Yang satu ini memang kurang terkenal di Indonesia tapi di Jepang sangat populer karena Oshinbo masuk dalam jajaran manga terlaris. Oishinbo adalah serial manga tentang kuliner yang ditulis oleh Tetsu Karita dan digambar oleh Kariya Hanasaki. Serialisasinya merupakan salah satu yang terpanjang yaitu 31 tahun.

Manga Oishinbo terbit dari 1983 hingga 2014 dan terjual sekitar 130 juta copy.

KochiKame (1976-2016, 157 juta copy) Osamu Akimoto

images 1037

Kochikame adalah manga karya Osamu Akimoto dan menjadi salah satu manga dengan masa penerbitan terlama yaitu sampai empat puluh tahun. Bukan hanya itu, Kochikame juga merupakan salah satu manga terlaris sepanjang masa dengan terjual 157 juta copy.

Manga ini bergenre komedi dan menceritakan keseharian seorang anggota kepolisian Jepang yang berjaga di pos polisi. Setiap episodenya menceritakan kisah yang berbeda-beda dan berdiri sendiri seperti anime Doraemon.

Blackjack (1973-1983, 176 juta copy) Osamu Tezuka

images 1038

Bagi para pecinta manga Jepang, nama Osamu Tezuka tentu sudah tak asing lagi. Beliau dijuluki bapak manga atau the godfather of manga. Itu karena Osamu Tezuka adalah orang yang merevolusi dunia manga dengan inovasi menggambarnya.

Salah satu karya terkenalnya adalah Blackjack yang diterbitkan dari 1973 hingga 1983 dan menjadi salah satu manga terlaris. Blackjack berisikan ratusan cerita pendek tentang petualangan medis dokter Blackjack. Manga ini terjual sekitar 176 juta copy.

Detective Conan (1994-sekarang, 230 juta copy) Gosho Aoyama

images 1039

Detective Conan terbit pertama kali pada 1994 dan hingga tulisan ini dibuat masih terus berjalan. Meski terlalu banyak filler namun manga karya Gosho Aoyama ini tetap menjadi salah satu manga terlaris.

Sebagaimana diketahui, Detective Conan menceritakan remaja SMA jenius bernama Shinichi Kodo yang membantu memecahkan kasus kejahatan harus diracun oleh penjahat dan tubuhnya kembali menjadi anak-anak. Kemudian dia menyamar menjadi Conan Edogawa. Sejauh ini manga Detective Conan terjual sekitar 230 juta copy.

Naruto (1999-2014, 250 juta copy) Masashi Kishimoto

images 1040

Nah kalau manga terlaris yang satu ini sangat populer di Indonesia dan menjadi anime paling populer di negeri ini. Manga Naruto terbit pertama kali pada 1999 dan tamat pada 2014 yang lalu.

Manga karya Masasashi Kishimoto ini mengandung cerita yang kompleks dan penuh pesan moral. Naruto juga mengandung unsur politik di dalamnya. Manga terjual sekitar 250 juta copy.

Cerita manga Naruto dimulai ketika Naruto lulus dari akademi ninja dan berakhir ketika dunia shinobi menjadi damai dan Naruto menjadi seorang hokage, sebuah mimpi yang terwujud.

Golgo 13 (1968-sekarang, 280 juta copy) Takao Saito

images 1041

Di nomor tiga dalam daftar manga terlaris ada Golgo 13 yang merupakan manga action karya Takao Saito. Golgo 13 adalah manga Jepang dengan masa penerbitan terlama yaitu dari 1968 hingga sekarang dan sudah terjual sekitar 280 juta copy.

Bisa dibayangkan betapa panjangnya serial manga ini dan sudah menemani berapa generasi?

Dragon Ball (1984-1995, 250-300 juta copy) Akira Toriyama

images 1042

Dragon Ball adalah anime dan manga yang sangat berpengaruh dan impact-nya cukup besar bagi sejarah manga dan anime di Jepang. Itu karena Dragon merupakan salah satu anime dan manga yang pertama kali mampu mendunia dan style gambarnya yang mampu mempengaruhi gaya menggambar mangaka lainnya termasuk menginspirasi Masashi Kishimito dalam pembuatan Naruto.

Manga karya mangaka legendaris Akira Toriyama ini terbit dari 1984 hingga 1995 dan terjual sekitar 250 hingga 300 juta copy.

One Piece (1997-sekarang, 470 juta copy) Eiichiro Oda. Manga Terlaris

One piece jadi manga terlaris

Ya, inilah manga terlaris sepanjang masa! One Piece. Terbit sejak 1997 dan hingga tulisan ini dibuat belum juga tamat. Eiichiro Oda sendiri sebagai sang kreator rupanya masih asyik dalam menggarap dan melanjutkan ceritanya.

Banyak orang menyukai One Piece karena jalan cerita, karakter yang unik, hingga humornya serta dunia yang dibangun begitu detail dan kompleks. Bukan hanya laris di Jepang, One Piece juga sangat populer di seluruh dunia. Terjuakl sekitar 470 juta copy. Sungguh rekor yang mengagumkan.

Penutup

Nah, itulah pembahasan tentang anime terlaris sepanjang masa. Dari kesepuluh manga di atas, ada beberapa yang memang juga terbit di Indonesia dan ada juga yang tidak. Ada yang sudah tamat dan ada juga yang belum. Dari daftar di atas juga kita dapat melihat kalau sembilan di antaranya adalah manga shounen dan hanya satu manga seinen yaitu Oishinbo. Sedangkan manga shoujo tidak ada satupun. Kita juga dapat melihat jika banyak sekila orang yang menyukai One Piece.

Kalau kamu, apa nih manga favoritmu?

Sky
Blogger, love all about pop culture