10 Drama Jepang Terbaik Sepanjang Masa, Enggak Kalah Seru dari Drama Korea!

images 1054

Sebelum drama Korea terkenal dan populer di Indonesia, dulu drama Jepang atau Dorama juga sempat beberapa kali tayang di Indonesia walaupun tidak sebanyak Drakor.

Nah, postingan ini akan membahas tentang rekomendasi drama Jepang terbaik sepanjang masa yang menarik untuk ditonton dan sebagai alternatif jika kamu bosan atau ingin meninggalkan Drakor untuk sejenak.

Drama televisi Jepang sudah berlangsung sejak lama yaitu sejak pertelevisian berkembang di Jepang. Dorama punya popularitas yang tinggi di negeri sakura, dan masyarakat Jepang menggemari hal itu selain menyukai anime dan manga.

Terdapat beberapa genre dalam dorama mulai dari kehidupan sekolah, medikal, detektif, musik, romansa, profesi, memasak, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadikan Dorama menjadi lebih berwarna dan tidak melulu pada satu genre.

Jika Drakor punya andalan ketampanan kecantikan para pemainnya, maka Dorama punya kekuatan dari akting para pemain dan ciri khas cerita yang selalu ada dalam drama Jepang.

Berbeda dengan drakor, drama Jepang biasanya memiliki episode yang lebih pendek yaitu hanya berjumlah delapan hingga dua belas episode saja. Durasinya mulai dari 30 menit sampai satu jam untuk satu episode reguler.

Memang ada sih dorama yang jumlah episodenya ratusan yaitu drama pagi NHK atau yang disebut Asadora. Tapi Asadora hanya berdurasi 15 menit setiap episodenya dan rata-rata ditayangkan untuk setengah tahun.

Nah, jika kamu baru ingin tahu soal drama Jepang dan penasaran tentang Dorama Jepang apa saja yang seru, berikut ini adalah pembahasan singkatnya.

Deretan Drama Jepang Terbaik Sepanjang Masa versi Jurumata.com

Oshin

images 10507909350251019575385

Drama Jepang terbaik yang pertama ada Oshin. Dorama ini begitu melegenda bukan hanya di Jepang tapi di seluruh dunia. Coba kamu tanyakan ortu kamu tentang Dorama ini, kemungkinan mereka tahu. Oshin adalah Dorama klasik yang ditayangkan oleh NHK sebagai Asadora di era 1980an dan ditayangkan di banyak negara termasuk Indonesia.

Dorama ini terkenal karena kisahnya yang memotivasi dan sangat inspiratif. Yaitu mengisahkan Oshin yang merupakan gadis kecil miskin yang hidup zaman Meiji hingga perjalanan hidupnya menjadi salah satu pengusaha sukses di era Showa. Kisah mengharukan ini menyedot perhatian publik Jepang dan mendapatkan rating yang sangat tinggi dalam sejarah pertelevisian Jepang.

Hana Yori Dango

images 10513334573588388663820

Jika di Taiwan dan China ada Meteor Garden, kemudian di Korea ada Boys Before Flowers, maka di Jepang ada Hana Yori Dango yang merupakan adaptasi paling mirip dan paling mendekati dengan komiknya. Dorama ini tayang pada 2005 dan jadi salah satu drama Jepang terbaik.

Sama seperti adaptasi lainnya Hana Yori Dango punya premis yang mirip. Yaitu mengisahkan gadis miskin bernama Tsukushi Makino yang bersekolah di SMA mewah dengan beasiswa. Dia harus berurusan dengan empat siswa populer sang penguasa sekolah tersebut dan bernama F4. Tsukushi yang dibully malah balik melawan Tsukasa yang merupakan pemimpin F4.

Hana Kimi

Drama jepang terbaik

Kalau drama Jepang terbaik yang satu ini bikin para penontonnya ngakak parah karena satu sekolah isinya orang gila semua. Hana Kimi yang tayang pada 2007 ini dibintangi oleh Shun Oguri dan Mari Horikita.

Ceritanya absurd dan sangat komikal. Dikisahkan gadis bernama Ashiya Mizuki yang menjadi penggemar Sano Izumi yang merupakan atlet lompat tinggi tingkat pelajar yang berprestasi. Karena suatu insiden, Sano Izumi berhenti menjadi atlet. Ashiya pun malah menyamar jadi cowok masuk ke sekolah Sano yang merupakan SMA khusus laki-laki dengan maksud membawa kembali Sano untuk mau jadi atlet lagi.

Banyak kekocakan terjadi dalam alur ceritanya karena semua karakter dalam dorama ini bikin ngakak semua.

Great Teacher Onizuka

images 10522846971482693551334

Great Teacher Onizuka (GTO) Dorama tahun 2012 yang merupakan remake dari dorama berjudul sama yang tayang tahun 1998 dan juga menjadi salah satu drama Jepang terbaik.

GTO menceritakan seorang mantan anggota gang motor bernama Onizuka yang didaulat menjadi guru dan menangani para murid SMA di satu kelas yang bermasalah. Onizuka mendapati banyak anak yang punya masalah yang berbeda-beda. Mulai dari masalah keluarga, kurang perhatian orang tua, hingga krisis percaya diri. Dorama ini begitu menginspirasi, seru, sekaligus mengharukan.

Tokyo Love Story

images 10607567752116425699967

Dorama ini merupakan remake dari drama Jepang terbaik di era 90an dan berjudul sama. Tokyo Love Story versi 2020 ini masih setia dengan premis yang sama yaitu cinta segitiga di antara tiga sahabat semasa kecil. Mereka adalah Kanji, Satomi, dan Mikami. Mereka datang ke Tokyo untuk alasan masing-masing. Dorama ini bisa kamu saksikan di VIU.

Itazura na Kiss: Love in Tokyo

images 1055645100359299134529

Dorama ini juga hasil remake drama Jepang jadul dan juga pernah ada versi drama Korea berjudul Playfull Kiss.

Menceritakan seorang gadis SMA bernama Kotoko Aihara, dia adalah siswi yang kurang pintar di sekolahnya. Dia jatuh cinta pada Naoki Irie, seorang siswa tampan dan cerdas.

Suatu saat rumah Kotoko rusak parah karena tertimpa meteor. Keluarga Kotoko numpang ke rumah keluarganya Irie karena ternyata ayah mereka berdua bersahabat. Dimulailah hubungan rumit antara Kotoko dan Naoki.

Jin

images 10567799677591791561036

Drama Jepang ini pernah diadaptasi ke drama Korea berjudul Time Slip dr. Jin. Drama Jepang ini bertemakan kedokteran dan time travel sekaligus bertema sejarah. Tayang pada 2009, drama ini mendapatkan rating yang tinggi dan berjumlah dua season.

Jin menceritakan seorang dokter bedah bernama Jin Minakata. dokter Jin adalah dokter bedah yang terkenal terampil dan skillnya sangat tinggi. Suatu saat kekasihnya kecelakaan dan terbaring koma. Saat itu tiba-tiba Jin terlempar ke zaman Edo. Di sana dokter Jin menggunakan ilmu dan skillnya untuk mengobati banyak orang sambil mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Death Note

images 10577731613767975760021

Drama Jepang ini tayang pada 2015 dan menjadi adaptasi serial televisi dari manga dan anime fenomenal karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Death Note versi Dorama ini dibintangi oleh Kento Yamazaki dan Masataka Kubota.

Dorama ini punya premis yang sama dengan manga dan animenya. Hanya saja memiliki beberapa perbedaan. Salah satunya adalah karakter Near yang jadi wanita. Meskipun menuai kritik, tapi Death Note versi Dorama ini masih layak untuk ditonton.

The Emperor’s Cook

images 10585826964985909201667

Drama Jepang terbaik selanjutnya adalah The Emperor’s Cook yang tayang di TBS pada 2015 yang lalu dan dibintangi oleh Takeru Sato sebagai pemeran utama. Seperti judulnya, Dorama ini bertemakan memasak.

The Emperor’s Cook diangkat dari kisah nyata perjalanan hidup koki kekaisaran Jepang, Akiyama Tokuzo dari seorang pemuda yang tak tahu tujuan hidup hingga didaulat menjadi koki kerajaan.

Jalan cerita yang menarik yaitu bagaimana Akiyama berjuang menjadi koki hebat setelah ia jatuh cinta pada dunia kuliner. Perjuangan berat dilalui Akiyama hingga dia bekerja di Ritz Hotel, Paris.

Amachan

images 10598064673339140456183Drama Jepang terbaik yang terakhir dalam daftar ini adalah Amachan yang merupakan drama pagi NHK yang tayang pada 2013.

Dorama mengisahkan seorang gadis muda Tokyo bernama Aki Amano yang dibawa berkunjung ke desa kampung halaman ibunya yang sudah ditinggalkan selama puluhan tahun. Di sana Aki Amano menemukan sesuatu yang menurutnya menarik. Kemudian Aki berniat menjadi seorang idol Jepang dengan kembali ke Tokyo. Ceritanya cukup kompleks karena berjumlah 156 episode namun alurnya cukup menarik. Dorama ini pernah tayang di Waku-Waku Japan.

Sky
Blogger, love all about pop culture