Urutan 7 Hokage Terburuk sampai Hokage Terbaik, Tobirama Nomor Satu!

images 1010

Hiruzen Sarutobi adalah hokage terburuk dalam sejarah dunia shinobi dan Konoha

Naruto adalah sebuah anime yang kompleks dan masih punya banyak penggemar meskipun serialnya sudah berakhir pada 2017. Kisah dan dunia Naruto yang luas menjadikannya sebagai bahan menarik untuk dibahas. Mulai dari jalan cerita, karakter, pesan moral, hingga nilai dan makna yang terkandung di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui Naruto adalah anime shonen yang diperuntukan untuk para remaja. Akan tetapi sebenarnya banyak nilai cerita dalam Naruto yang ditujukan untuk pembaca dan penonton dewasa. Ya, dalam dunia Naruto terdapat unsur politik.

Meskipun kebanyakan pembaca artikel ini mengetahui sejarah dan cerita Naruto. Tidak ada salahnya kalau saya ceritakan sedikit lebih detil lagi sebelum membahas siapa saja hokage terburuk hingga terbaik.

Latar Belakang Hokage

Diceritakan jika jauh sebelum cerita dimulai, peperangan di dunia shinobi terus berkecamuk dan melibatkan peperangan antar klan. Mungkin Masashi Kishimoto sebagai kreator Naruto menjadikan sejarah Jepang di masa lampau di mana Jepang di jaman dulu juga identik dengan perang antar klan.

Peperangan antar klan ini memakan banyak korban dan selalu menghadirkan korban baru. Hal ini menjadikan Hashirama dari klan Senju ingin menyatukan klan-klan shinobi dan mendamaikannya dengan mendirikan sebuah desa militer di bawah pemerintahan negara.

Hashirama Senju yang bertemu dengan Madara lantas menjalin pertemanan yang terlarang karena klan mereka adalah musuh bebuyutan. Setelah dewasa singkat cerita Hashirama berhasil mendamaikan banyak klan dan mendirikan Konoha. Sehingga Hashirama adalah bapak pendiri Konoha.

Hashirama terpilih sebagai hokage pertama oleh warga desa dan Madara tidak terpilih. Di sinilah konflik politik mulai terjadi.

Konflik bermula ketika klan Uchiha merasa ada ketidakadilan dalam bidang politik dan Senju yang selalu berkuasa. Sementara itu klan yang lainnya tidak ada masalah dan setuju-setuju saja dengan semua keputusan yang ada. Hanya Uchiha yang selalu bandel. Makannya Tobirama begitu membenci klan yang identik dengan gambar kipas ini.

Nah, sekarang mari kita bahas siapa saja urutan hokage terburuk sampai terbaik versi Jurumata.com

Urutan Hokage dari yang Terburuk sampai yang Terbaik

Hiruzen Sarutobi

Hokage terburuk

Hiruzen gugur sebagai pahlawan Konoha setelah mengorbankan dirinya saat bertarung dengan Orochimaru saat invasi ujian chunin. Tidak ada yang meragukan pengorbanan seorang Hiruzen. Dia juga menjadi hokage dengan masa jabatan terlama sejauh ini.

Namun, kakek dari Konohamaru ini bisa dianggap menjadi hokage terburuk jika dibandingkan dengan hokage lainnya. Banyak kepemimpinannya yang gagal dan menyebabkan masalah yang tidak kecil. Selain itu di masa pemerintahanya Hiruzen terjadi dua kali perang dunia shinobi yang menyebabkan banyak luka.

Yang paling parah adalah Hiruzen gagal menyelesaikan konflik Uchiha dan juga gagal dalam mencegah Danzo yang bermain sesuka hati sehingga menyebabkan Uchiha terbantai dan Itachi harus menanggung beban.

Tsunade

images 1007

Cucu dari hokage pertama ini berada di urutan keenam. Tsunade dilantik menjadi hokage setelah Hiruzen gugur. Awalnya para petinggi Konoha menunjuk Jiraiya menjadi hokage kelima tapi si petapa mesum itu menolak karena tak mau direpotkan. Tsunade juga awalnya demikian, tapi berhasil dibujuk oleh Naruto dengan jurus ceramahnya yang ampuh.

Kepemimpinan Tsunade tidak terlalu istimewa. Memang sih, Tsunade berhasil menjalin perdamaian dan persahabatan dengan Sunagakure dan itu menjadi salah satu kebijakannya yang paling penting. Sementara itu kesalahan Tsunade adalah pada misi pengejaran Sasuke saat masih kecil. Tsunade malah menyuruh Shikamaru sebagai pemimpin dan para genin termasuk Naruto untuk mengemban misi tersebut.

Shikamaru memang cerdas tapi untuk mengemban misi yang berat jelas butuh seorang jonin berpengalaman untuk mendampinginya. Hasilnya, misi tersebut gagal. Namun secara umum Tsunade bukanlah hokage terburuk.

Kakashi Hatake

images 1008

Kakashi diangkat sebagai hokage keenam usai Tsunade memutuskan untuk pensiun. Peran Kakashi sebagai seorang hokage jelas tidak terlalu banyak karena animenya keburu tamat dan ketika Boruto dimulai, Kakashi sudah pensiun.

Secara keseluruhan tidak ada masalah besar yang berkecamuk saat Kakashi memimpin Konoha. Tetapi karena itulah kita tidak akan pernah tahu apakah Kakashi akan bisa menangani masalah besar atau tidak.

Di era Kakashi, merupakan masa damai karena perang dunia shinobi baru saja berakhir dan masyarakat di dunia shinobi sedang menikmati hasil dari perdamaian tersebut. Kakashi beruntung akan hal itu.

Minato Namikaze

images 1006

Minato menjadi Hokage keempat setelah ditunjuk langsung oleh Hiruzen, hokage ketiga. Hiruzen memilih Minato ketimbang mantan muridnya sendiri, Orochimaru. Masa kepemimpinan Minato tidak begitu lama setelah rubah ekor 9 menyerang Konoha, ia gugur setelah mengorbankan diri dalam penyegelan dan juga menewaskan istrinya, Kushina.

Selama memimpin Minato tidak melakukan hal yang kontroversial namun juga tidak ada kebijakan yang istimewa. Tapi pengorbanannya dengan menyegel Kyuubi ke dalam tubuh Naruto berhasil membawa kedamaian yang cukup lama bagi Konoha.

Hashirama Senju

images 1003

Seorang bapak pendiri Konoha, sang dewa shinobi, seorang sosok yang berpengaruh besar dalam dunia shinobi dengan mendirikan satu negara satu desa yang kemudian ditiru oleh negara lain.

Hashirama yang dibantu oleh Tobirama dan Madara membangun fondasi sistem desa shinobi dan ditiru oleh yang lain.

Kepemimpinannya menganut pasifisme dan mengupayakan jika perang adalah jalan terakhir. Hashirama berhati lembut bahkan bisa dibilang terlalu baik.

Namun, Ia juga yang memutuskan untuk membagikan sembilan bijuu ke lima besar negara shinobi dan Konoha hanya kebagian satu. Keputusan yang sebenarnya berbahaya dan memicu peperangan di kemudian hari.

Naruto Uzumaki

images 1009

Naruto Uzumaki berada di urutan kedua. Dia berhasil mempertahankan perdamaian sejauh ini. Tapi apa yang membuatnya tidak berada di nomor satu adalah bahwa kepemimpinannya tidak murni dari dirinya sendiri.

Ya, Naruto dibantu oleh shinobi paling cerdas di Konoha, Shikamaru. Tanpa Shikamaru, Naruto memang masih bisa mengendalikan kebijakan yang baik namun tidak akan secerdas Shikamaru.

Tobirama Senju

images 1004

Ya, Tobirama adalah hokage terbaik dan bukanlah hokage terburuk. Dia segera mengemban jabatan setelah kakaknya meninggal. Sifatnya tegas dan keras membuat kepemimpinannya bersifat diktator namun justru mampu menciptakan perdamaian.

Kebijakan kontroversialnya adalah seolah menyudutkan Uchiha. Tapi sebenarnya tindakan Tobirama adalah sepenuhnya tepat dan benar. Tobirama tahu betul bahwa orang-orang Uchiha (tidak semuanya) adalah orang-orang emosinya tidak bisa ditebak, hal ini terjadi pada Obito dan Sasuke.

Kebijakan penting lainnya yang dilakukan Tobirama adalah membentuk sistem peringkat ninja dan akademi hingga ujian chunin.

Namun, Tobirama bukannya tanpa cela. Dia hobi menciptakan jutsu berbahaya termasuk Edo Tensei yang di masa depan menjadi salah satu biang keladi kebangkitan Madara Uchiha.

Penutup

Nah, itulah pembahasan tentang siapa saja urutan hokage terburuk sampai terbaik. Penjelasan di atas adalah murni pendapat yang subjektif dan opini. Tentunya kamu punya pendapat sendiri dan boleh tidak setuju. Menurut kamu, siapa hokage terburuk di dunia Naruto?

Mika Loki
Gamer love live school idol festival dan menyukai musik metal.