12 Game Harvest Moon Terbaik Yang Harus Kamu Mainkan, Ayo Bertani!

images 974

Jika kamu mencari info tentang game Harvest Moon terbaik dan mana saja seri yang termasuk maka di sinilah tempatnya. Harvest Moon atau sekarang dikenal dengan nama Story Season adalah franshise atau serangkaian seri video game bergenre RPG pertanian yang terkenal di kalangan gamer. Pertama kali dirilis pada 1996 untuk konsol SNES, Harvest Moon dikembangkan oleh Marvelous Entertainment (sekarang Marvelous inc) dan diterbitkan oleh Natsume hingga 2012.

Setelah itu kontrak antara Marvelous dan Natsume habis. Nama brand Harvest Moon menjadi milik Natsume. Tapi Marvelous yang berhak memegang semua IP game tersebut termasuk gameplay dan karakter. Marvelous memutuskan untuk menamai ulang serinya menjadi Story of Season.

Harvest Moon sudah bejumlah banyak dan sudah ada di berbagai platform seperti SNES, DS, 3DS, Playstation, Playstation 3, Nintendo 64, Playstation Portable, hingga Nintendo Switch. Akan tetapi Harvest Moon absen di Playstation 3.

Nah, dari semua game Harvest Moon alias Story of Season, berikut ini adalah beberapa di antaranya yang jadi Harvest Moon terbaik.

Deretan Game Harvest Moon Terbaik

Harvest Moon: Back to Nature (Playstation 1)

HMBTN, harvest moon terbaik

Inilah seri Harvest Moon paling terkenal di antara semuanya, khususnya di Indonesia. Back to Nature dirilis pada tahun 2000 dan menceritakan seorang pemuda yang harus mewarisi perkebunan kakeknya di desa. Game ini hingga sekarang masih banyak dimainkan melalui emulator. Siapa gadis favorit kamu di sini? Karen, Popuri, Mary, Ann, atau Ellie? Bisa dibilang HMBTN adalah Harvest Moon terbaik sepanjang masa.

Harvest Moon: Friends of Mineral Town (Game Boy Advence)

images 975

Dirilis pada tahun 2004, Friends of Mineral Town adalah Back to Nature versi mini yang dirilis untuk Game Boy Advance. Seri ini ceritanya tidak jauh berbeda dengan versi PS1 hanya saja dengan grafik yang lebih disederhanakan. Karakter-karakternya pun sama mulai dari para penduduk hingga para gadis yang bisa kamu lamar. Bagi beberapa reviewer, seri cukup adiktif.

Harvest Moon: A Wonderful Life (Playstation 2, GameCube)

images 976

Merupakan seri kedua yang dirilis untuk Playstation 2. Meskipun grafiknya agak terlihat kasar, namun gameplay-nya banyak orang yang menyukainya. A Wonderful Life menjadi menarik karena jalan ceritanya yaitu perjalanan kehidupan di sebuah pertanian dan sang karakter di dalamnya akan bertambah tua seiring berjalannya game. Game ini bisa dimainkan di emulator PS2 kamu.

Harvest Moon: Hero of Leaf Valley (PSP)

images 977

Dirilis pada 2009 untuk PSP, Hero of Leaf Valley adalah versi modifikasi dan penyempurnaan dari Save the Homeland. Ada beberapa perubahan yaitu salah satunya sang karakter bisa menikahi salah satu gadis di desa. Sinopsisnya sendiri adalah seorang pemuda yang datang di desa dan mewarisi kebun dari kakeknya. Sang pemain harus membangun perkebunan yang maju agar desa tidak jadi digusur untuk taman hiburan. Ada enam belas ending berbeda di akhir game yang bisa ditempuh oleh pemain. Seri ini menurut saya adalah Harvest Moon terbaik di era 2000an untuk konsol genggam

Harvest Moon DS

images 978

Harvest Moon DS dirilis pada 2005 untuk konsol Nintendo DS. Seri ini masih mempunyai tema serupa seperti seri sebelumnya. Cerita dari game ini dimulai dengan Harvest Goddes bertengkar dengan The Witch Princess, ketika mereka bertemu The Witch Princess menyihir Harvest Goddes untuk membuatnya diam, ketika ingin membuatnya biasa lagi, Harvest goddess malah terkirim ke dunia lain. Peran pemain di sini adalah menyelamatkan sang Harvest Goddess. Gameplay yang diterapkan agak berbeda karena konsol NDS mempunyai dua layar sekaligus dan menjadi lebih interaktif.

Story of Seasons (Nintendo 3DS)

images 979

Ini adalah seri pertama yang tidak memakai judul Harvest Moon setelah kontrak kerjasama Marvelous dengan Natsume berakhir. Penamaan Story of Seasons dalam seri ini merupakan yang pertama kalinya setelah hak kepemilikan merk dagang Harvest Moon menjadi milik Natsume. Namun beberapa bulan kemudian Natsume juga merilis Harvest Moon versi mereka sendiri yaitu Harvest Moon: The Lost of Valley. Story of Seasons sendiri dirilis pada 2014 untuk konsol 3DS. Feel Harvest Moon asli masih terasa dalam game ini dan ceritanya pun sederhana. Seorang yang bosan dengan kebiasaan hidupnya dan pindah ke desa kecil untuk berkebun.

Story of Seasons: Friends of Mineral Town (Nintendo Switch, PC,)

images 980

Seri ini menjadi seri yang baru dikeluarkan oleh Marvelous dan merupakan remake langsung dari seri fenomenal Back to Nature dan juga Friends of Mineral Town di GBA. Dengan grafik yang memukau, sebagai game remake seri ini berhasil membawa nostalgia dengan nuansa baru. Ada karakter tambahan termasuk laki-laki dan perempuan. Di sini pemain bisa memilih untuk berperan sebagai laki-laki atau perempuan. Sebagai info tambahan, ada unsur LGBT dalam game ini yaitu bisa menikahi karakter sesama jenis.

Harvest Moon: Animal Parade (Nintendo Wii)

images 981

Dirilis pada 2008 di jepang, Animal Parade menjadi Harvest Moon yang eksklusif untuk Nintendo Wii. Seri ini lumayan unik dari seri-seri sebelumnya. Sesuai dengan namanya, Amimal Parade ini menampilkan beberapa hewan, yang semuanya dapat ditunggangi pemain, termasuk hewan-hewan sirkus. Cukup menarik bukan? Silahkan mainkan game ini di emulator Wii di PC kamu.

Harvest Moon: Magical Melody (GameCube, Wii)

images 982

Dalam game ini pemain punya dua misi utama yang harus diselesaikan. Yaitu membangkitkan Harvest Goddest dan menikahi salah salah satu karakter di desa. Sesuai dengan judulnya, seri ini berhubungan musik yang bisa membawa keajaiban. Magical Melody awalnya dirilis untuk Nintendo GameCube dan kemudian dirilis pula untuk Wii.

Harvest Moon: Save the Homeland (Playstation 2)

images 983

Meski banyak yang mengkritik karena tidak bisa menikah dalam permainan (yang kemudian diperbaiki di Hero of Valley) namun Save the Homeland punya kelebihan lain yaitu grafiknya yang indah. Ini semua karena performa PS2 yang terkenal garang. Sebuah peningkatan yang signifikan dari PS1. Untuk jalan cerita tidak jauh berbeda dengan Hero of Leag Valley yang ada di PSP.

Harvest Moon: Boy & Girl (PSP)

images 985

Merupakan sebuah pengembangan dari Harvest Moon: Back to Nature dan dibawa pada konsol PSP. Satu-satunya yang berbeda adalah di sini ada versi di mana pemain bisa berperan sebagai karakter utama perempuan. Di versi girl, karakter utama adalah seorang gadis yang terdampar di Mineral Town dan lupa ingatan. Dia akhirnya ditolong oleh warga dan disuruh untuk mengurus perkebunan yang terlantar. Kamu sebagai pemain juga harus menggoda laki-laki di Mineral Town dan dia akan melamarmu.

Doraemon Story of Seasons (Nintendo Switch, PC)

images 984

Menggabungkan game pertanian dengan anime legendaris Doraemon adalah ide yang cukup bagus dan itulah yang ada dalam game ini. Ceritanya sendiri memang agak klise dan membingungkan namun tetap layak untuk dimainkan. Game ini sebenarnya punya gameplay yang repetitif layaknya seperti seri terdahulu Inti dari game ini adalah berkebun dan para karakter dari anime Doraemon lah yang melakukannya. Game ini tidak terlalu spesial tapi jika kamu punya Switch atau PC tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memainkannya.

Nah, itulah dia pembahasan tentang deretan game Harvest Moon terbaik. Dari semuanya mana saja seri yang pernah kamu mainkan dan seri mana yang ingin kamu mainkan? Jangan lupa untuk kunjungi Jurumata.com untuk artikel menarik lainnya.

Sky
Blogger, love all about pop culture