15 Anime 90an Terbaik Ini Akan Membawamu Nostalgia Kembali Ke Masa Kecilmu, Mau Nonton Lagi?

images 989

Perlu info anime 90an terbaik? Simaklah ulasan berikut ini.

Membicarakan sejarah penayangan anime di Indoneaia memang selalu menarik. Menilik sejarahnya penayangan Anime di Indonesia sudah ada sejak 1980an yang pada awalnya tersebar melalui kaset VHS dan Betamax. Kemudian masa kejayaan anime terjadi ketika tv swasta di Indonesia bermunculan. Nah di sinilah cukup banyak anime 90an tayang di Indonesia dan memberikan kenangan tersendiri bagi mereka yang masa anak-anaknya tumbuh di era tersebut.

Kali ini Jurumata.com akan membahas tentang deretan anime 90an yang paling keren dan jika ditonton akan membuat kamu bernostalgia. Langsung saja berikut ini adalah pembahasan singkatnya.

Sejarah Singkat Penayangan Anime di Indonesia

Seperti yang diketahui jika penayangan anime di Indonesia jika ditelusuri lebih jauh ketika pertama kali tidak langsung muncul di tv. Melainkan di era 80an orang-orang mengenal teknologi video kaset atau yang biasa disebut Betamax dan VHS. Di era ini orang-orang hanya bisa menonton melalui pemutar video kaset dan tidak semua orang memiliki alat itu.

TVRI saat itu masih menjadi satu-satunya stasiun tv di negeri ini. Diketahui anime Jepang yang pertama kali tayang di tv Indonesia adalah anime Kumkum yang tayang di TVRI. Anime yang bertema manusia purba ini sebenarnya adalah anime yang penayangan aslinya di Jepang sekitar era pertengahan 70an. Anime diketahui juga tayang beberapa judul di TVRI. Pada 1989 munculah RCTI tv swasta pertama di Indonesia dan kemudian diikuti oleh stasiun tv swasta lainnya.

Di sinilah dimulai perkembangan penayangan anime di Indonesia dimulai. Dari sekian banyak anime 9an yang pernah tayang di Indonesia. Berikut ini adalah yang terbaik versi Jurumata.com

Deretan Anime 90an Terbaik

Dragon Ball

Dragon Ball adalah anime 90an terbaik

Tak diragukan lagi jika Dragon Ball adalah anime 90an terbaik. Dragon Ball adalah manga karangan seniman manga legendaris, Akira Toriyama. Terbit pertama kali pada 1984 di majalah Shounen Jump! Animenya sendiri mendapatkan pengaruh yang sangat besar terhadap industri manga dan anime di Jepang dan mampu mendunia. Di Indonesia, Dragon Ball Z ditayangkan di Indosiar dan pernah dua kali menamatkannya. Kisahnya sendiri pasti sudah banyak yang tahu.

Yaitu seorang bocah bernama Goku yang merupakan salah satu bangsa Saiya yang tersisa dia harus mengumpulkan ketujuh bola naga untuk melindungi dunia. Anime ini turut mempengaruhi keberadaan Naruto dan One Piece.

Saint Seiya

images 987

Saint Seiya atau dalam bahasa Indonesia dulu dikenal dengan judul Ksatria Zodiak, adalah manga dan anime karangan Masashi Kuromada yang pertama kali terbit pada 1986. Anime ini dulu pernah ditayangkan di Indosiar dan RCTI. Saint Seiya sebagai anime Shounen bertema mitologi Yunani di mana mengandung banyak unsur dewa dan makhluk mitologi Yunani seperti Pegasus dan Athena. Tokoh utamanya adalah Seiya yang merupakan salah satu saint yang bertugas untuk Athena dan menjaga perdamaian.

Saint Seiya terkenal dengan lagu openingnya yang enak didengar dan mudah dihafalkan walaupun dalam bahasa Jepang.

Neon Genesis Evangelion

images 988

Ini adalah anime 90an yang fenomenal di dunia barat walaupun di Indonesia sendiri kurang begitu dikenal oleh generasi sekarang. Anime bertema mecha ini terkenal karena ceritanya yang unik sekaligus kontroversial. Banyak orang yang kebingungan bagaimana memaknai akhir cerita dari Neon Genesis Evangelion.

Ceritanya anime karya Hideaki Anno ini berlatar di masa depan di mana dunia kedatangan monster raksasa dan manusia melawannya dengan robot raksasa yang diberi nama Eva. Sekilas premisnya biasa saja tapi justru sebaliknya. Ceritanya kompleks sekaligus absurd. Shinji Ikari sebagai tokoh utama justru digambarkan sebagai anak laki-laki yang pesimis, pengecut, dan payah. Anime ini tersedia di Netflix.

Digimon Adventure

images 989

Merupakan salah satu anime 90an terbaik karena di Jepang tayang tahun 1999 sementara di Indonesia ditayangkan pada tahun 2001 di Indosiar setiap Minggu pagi. Digimon sempat menjadi saingan Pokemon karena kemiripannya walaupun dari segi cerita jauh berbeda.

Seri pertama Digimon ini menceritakan Taichi dan teman-temannya yang masuk ke dalam dunia digital di mana di dalamnya terdapat monster yang disebut Digimon. Setiap anak berpasangan dengan satu Digimon yang punya hubungan emosional satu sama lain. Mereka berusaha untuk mengeluarkan dunia digital dari krisis.

Sailor Moon

images 990

Siapa yang tidak kenal Sailor Moon? Anime ini sangat populer bahkan untuk kalangan awam sekalipun. Anime magical girl ini adalah karya Naoko Takeuchi yang fenomenal di era 90an. Meskipun ini adalah anime untuk gadis remaja namun banyak juga anak laki-laki yang menyukainya.

Sailor Moon menceritakan gadis remaja bernama Usagi yang mendapatkan kekuatan untuk melawan kegelapan usai dia bertemu dan menyelamatkan seekor kucing. Dalam usahanya, Usagi tidak sendirian. Ada satu karakter yang ikonik yaitu Tuxedo Bertopeng.

Gundam Seed

images 991

Di antara semua seri anime Gundam, salah satu yang paling memorable adalah Gundam Seed yang dulu pernah tayang di Indosiar. Lagu openingnya dinyanyikan oleh TM Revolution dan berjudul Invoke menjadi salah satu opening anime terbaik.

Gundam Seed bercerita tentang peperangan besar yang terjadi antara Coordinator dan Natural. Tokoh utamanya adalah Kira Yamato, seorang Cordinator yang cinta damai namun terpaksa terjun ke medan perang dan menjadi pilot Gundam Strike untuk melindungi teman-teman nya.

Captain Tsubasa

images 992

Anak kelahiran 90an hampir semuanya pernah menonton atau setidaknya tahu Captain Tsubasa. Anime ini memberi impact yang cukup besar di Jepang. Bukan hanya mempengaruhi dunia manga tetapi terhadap sepakbola di Negeri Sakura. Berkat anime ini, Jepang termotivasi membangun persepakbolaan yang lebih baik dan akhirnya lolos ke Piala Dunia 1998.

Seperti yang diketahui anime ini menceritakan bocah bernama Tsubasa Ozora yang sangat mencintai sepakbola dan bercita-cita membawa Jepang lolos ke Piala Dunia.

Slam Dunk

images 993

Jika Captain Tsubasa bertema sepakbola, maka Slam Dunk adalah manga dan anime tentang basket. Impact yang diberikan oleh anime ini juga besar. Berkat anime Slum Dunk, basket mendadak populer di sekolah-sekolah Jepang. Anak-anak di Jepang menjadi menggilai bola basket.

Ceritanya sendiri mengisahkan tentang berandalan SMA bernama Hanamichi Sakuragi yang selalu ditolak oleh banyak gadis dan dia memutuskan untuk bergabung bersama klub basket di sekolahnya atas usulan gadis yang disukainya.

Lets and Go

images 994

Anime ini sebenarnya mengandung unsur jualan produk karena memang hasil kerjasama dengan produsen mobil mini 4WD, Tamiya. Namun, Lets and Go menyimpan kenangan tersendiri bagi anak-anak kelahiran 90an.

Anime ini pernah ditayangkan di RCTI setiap Minggu pagi. Bercerita tentang dua kakak beradik bernama Retsu dan Go yang hobi balapan Tamiya dan berusaha untuk memenangkan kejuaraan nasional. Siapa yang masih ingat nama-nama mobilnya?

Crush Gear Turbo

images 995

Sama dengan Lets and Go, Crush Gear Turbo juga adalah anime yang mengandung unsur jualan mainan. Jika Lets and Go bertema mobil mini 4WD, maka Crush Gear Turbo bercerita tentang sekumpulan anak yang berkompetisi dalam pertandingan mobil-mobilan yang saling menghancurkan di dalam arena yang berbentuk oval.

Anime ini dulu pernah tayang di Indosiar dan disukai oleh anak-anak. Mainannya saat itu juga viral dan banyak orang yang memilikinya.

Samurai X

images 996

Berjudul asli Rurouni Kenshin, Samurai X adalah salah satu anime 90an terbaik dan pernah ditayangkan di SCTV sekitar tahun 1999 pada sore hari. Kemudian juga pernah ditayangkan kembali di Global TV sekitar tahun 2008.

Samurai X berkisah tentang seorang samurai hebat nan legendaris bernama Batousai yang hidup di jaman Meiji. Batousai bertobat sebagai samurai yang suka membunuh orang dan berganti nama menjadi Kenshin Himura setelah bertemu dengan gadis pemilik dojo bernama Kaoru.

Ranma 1/2

images 997

Anime komedi ini pernah tayang di RCTI setiap Minggu pagi. Ranma 1/2 memiliki nuansa kocak yang bisa membuat kita tertawa ngakak.

Garis utamanya sendiri adalah berfokus pada mata air kutukan. Wujud mereka berganti-ganti, kadang mereka bisa kembali ke wujud semula jika terguyur air panas, tapi setetes air dingin akan mengubah Ranma menjadi perempuan. Sementara ayahnya akan berubah menjadi seekor panda. Keduanya akan kembali normal jika disiram air panas.

Dr. Slump

images 998

Anime komedi ini adalah karya Akira Tori Toriyama alias mangaka pengarang Dragon Ball. Makannya artwork-nya mirip dan di dalamnya pernah muncul tokoh-tokoh Dragon Ball termasuk Son Goku. Anime ini pernah ditayangkan oleh SCTV pada tahun 2000.

Dr Slump yang super kocak ini menceritakan ilmuwan bernama Senbei yang hendak membuat robot perempuan untuk menemaninya tapi kesalahan terjadi dan justru terciptalah Arale, robot gadis kecil yang punya kekuatan hebat layaknya superhero tapi suka berbuat hal-hal yang kocak dan absurd.

B’t X

images 999

Anime ini agak underrated karena kurang terkenal. Padahal ceritanya sangat keren. B’t X juga dibuat oleh mangaka yang sama yang membuat Saint Seiya. Anime ini pernah ditayangkan di SCTV sekitar 1999.

Mengisahkan tentang dunia yang berperang dengan mesin. Untuk dapat mengalahkannya diperlukan robot yang berbentuk bintang dan cara mengendarainya adalah menghubungkan darah manusia yang akan mengendarainya dan disebut sebagai donor.

Initial D

images 1000

Anime 90an terbaik berikutnya adalah Initial D. Anime ini sebenarnya baru tayang di Indosiar sekitar tahun 2007 namun sudah tayang di Jepang pada era 90an. Anime bertema balapan mobil ini memiliki jalan cerita yang cukup menarik.

Bercerita tantang seorang pemuda bernama Takumi yang seorang pengantar tahu dengan mobil. Dia memanfaatkan skillnya tersebut untuk balapan jalanan di malam hari.

Penutup

Nah, itulah dia pembahasan kumpulan tentang deretan anime 90an terbaik. Dari semuanya mana saja yang pernah kamu tonton dan mana yang ingin kamu tonton kembali? Apa ada anime 90an terbaik lainnya yang tidak ada dalam list di atas?

Sky
Blogger, love all about pop culture