20 Game Terseru yang Bisa dimainkan Kembali di PS3, Semuanya Masih Seru

images 942

Playstation 3. Sebuah konsol generasi ketujuh yang sayangnya kurang berhasil apabila dibandingkan dengan kedua pendahulunya. Ada beberapa penyebab kenapa PS3 kurang sukses, yaitu karena masalah hardware ketika di awal rilis dan juga masalah lainnya. Playstation 3 kalah secara penjualan oleh Nintendo Wii yang saat itu menawarkan inovasi baru berupa permainan dengan sensor gerakan di dunia nyata. Meski demikian, Playstation 3 mampu bersaing ketat dengan Xbox 360 dari Microsoft.

Akan tetapi, walaupun konsol ini sering dianggap tidak lebih sukses dari PS2, secara jumlah judul game yang berkualitas tetap cukup banyak. Ada banyak di antaranya yang mendapatkan sambutan yang luar biasa dan ulasan positif.

Playstation 3 dihentikan produksinya pada 2016 dan 2017 (untuk pasar Jepang) yang lalu. Sekarang di era PS4 menuju PS5, Playstation 3 masih cukup banyak orang yang memainkannya. Di toko online juga bejibun lapak yang menjual konsol PS3 dan tentu saja bekas dan berisikan banyak. Nah, khususnya buat kamu yang berniat atau baru saja punya PS3 berikut ini adalah rekomendasi deretan game terbaik di konsol ini dan sebaiknya kamu instal ke konsol Playstation 3 kamu.

Yuk inilah beberapa game PS3 yang asik untuk dimainkan kembali.

God of War III

images 932

Seri ketiga dari petulangan sang dewa perang ini dirilis pada 2010. Melanjutkan kisah Kratos untuk membalas dendam pada Zeus dan dewa Olympus lainnya. Pada awal game Kratos dibantu oleh salah satu Titan yang juga dendam pada Zeus, yaitu Gaia. Sensasi gameplay-nya masih sama asyiknya dengan seri ssbelumnya.

Metal Gear Solid 4

images 935

Seri ini didaulat menjadi seri MGS terbaik oleh sebagian fans. MGS4 adalah sebuah masterpiece dari seorang Hideo Kojima. Kojima dan orang-orang di belakangnya mampu memanfaatkan hardware PS3 sampai tingkat maksimal sehingga menhasilkan grafik yang amat cantik dan juga cerita yang sulit untuk dilupakan oleh para fans.

GTA IV

images 933

Perilisan GTA IV pada 2008 saat itu begitu ditunggu-tunggu karena ekspektasi yang lebih setelah kesuksesan San Andreas. GTA IV bersetting di kota Liberty alias New York di mana sang protagonis adalah seorang imigran yang terpaksa berkarir di dunia kriminal setelah “ditipu” oleh temannya.

GTA V

Game ps3 paling seru untuk dimainkan. GTA V

Kalau yang satu ini tidak usah dijelaskan panjang lebar. Pasti kamu sudah mengetahuinya dan manjadi game yang wajib di setiap perangkat Playstation 3. GTA V bisa dibilang game yang tak akan lekang ditelan waktu apalagi game ini juga nantinya akan diport ke PS5 yang artinya game ini menjadi game 3 generasi.

Mafia II

download 11

Mengusung konsep open world, Mafia II sekilas mirip dengan GTA, namun sebenarnya punya beberapa perbedaan. Grafiknya cukup luar biasa untuk ukuran PS3. Seperti judulnya game ini berkisah dan bertemakan mafia atau gangster. Mapnya lebih kecil dari GTA V tapi seru karena jalan ceritanya.

Red Dead Redemption

images 936

Bisa dibilang ini adalah GTA versi jaman koboi karena sama-sama dikembangkan oleh Rockstar Games. Bukan Rockstar namanya kalau tidak memberikan pengalaman gameplay yang adiktif dan sesuatu yang inovatif. Kita sebagai pemain benar-benar seakan masuk ke jaman koboi yang liar.

Final Fantasy XIII

images 937

Seri Final Fantasy di Playstation 3 tidak sesukses di PS2 tapi Final Fantasy XIII masih layak untuk dimainkan. Masuk kembali ke dunia game ini untuk berpetualang bersama si cantik dan garang Lightning yang jadi tokoh protagonis perempuan pertama dalam seri Final Fantasy. Ayo siapa yang waifunya Lightning?

Gran Turismo 5

images 938

Ini dia seri game simulasi balapan yang terus berlanjut sejak kehadiran pertamanya di PS1. Dalam Gran Turismo 5, semakin banyak mobil yang bisa dikendarai dan tentunya masih dengan sensasi balapan dan mengendarai yang nyaris serupa dan akurat layaknya di dunia nyata.

Resident Evil 5

images 939

Iya, Resident Evil di Playstation 3 tidak ada yang benar-benar spesial dan masih jauh kalau dibandingkan dengan Resident Evil 4. Tapi di RE5 ini setidaknya kamu masih bisa merasakan sensasi khas Resident Evil ketika memainkannya. Tidak sepeti seri keenam yang jauh keluar dari pakem dan cerita yang terlalu ramai seperti pasar ikan.

Assassin’s Creed II

images 940

Franchise Assassin’s Creed sudah menjadi sapi perah bagi Ubisoft dengan tanpa inovasi berarti. Seri terbaiknya sebagian fans berpendapat adalah seri kedua yang menceritakan Ezio Auditore sebagai Assassin di zaman Renaisans Eropa. Seri Assassin’s Creed II bahkan dibuatkan trilogi dengan sebutan Ezio’s Trilogy.

The Last of Us

images 941

Dirilis di akhir masa PS3 menuju PS4, The Last of Us mengejutkan dunia game karena jalan ceritanya yang sangat memukau. Ini berbanding terbalik dengan sekuelnya yang mendapatkan ulasan negatif. Game ini dipuji karena jalan cerita yang intens walaupun gameplaynya sebenarnya tidak terlalu spesial.

Uncharted 2: Among Thieves

images 942

Naughty Dog membuat gebrakan dengan seri Uncharted termasuk salah satunya seri kedua ini. Bagi kamu yang punya PS3 tapi belum pernah memainkan game ini, disarankan untuk bermain game Uncharted 2 dan ikuti petulangan besar Nathan Drake yang melewati rintangan dan bahaya.

Call of Duty: Modern Warfare II

images 943

Dari sekian banyak seri Call of Duty, Modern Warfare II bisa dibilang yang paling fenomenal dan mendapatkan ulasan yang sangat positif. Gameplay-nya benar-benar intens dan juga jangan lupakan bagian paling kontroversial dalam game ini adalah di bagian misi No Russian di mana pemain disuruh membantai warga sipil dengan brutal.

Assassin’s Creed: Black Flag

images 944

Seri pertama dari yang tidak melibatkan karakter Desmond Miles sekaligus menjadi salah satu yang terbaik, karena setelah Black Flag, seri Assassin’s Creed menjadi begitu-begitu saja. Gameplay Black Flag tidak membosankan karena ada pertempuran kapalnya yang seru.

Batman: Arkham Asylum

images 945

Inilah game Batman terbaik yang pernah ada dan mendapatkan ulasan nilai yang nyaris sempurna. Selain itu game ini juga termasuk laris manis di masanya. Dan yang paling hebat adalah game ini mendapatkan penghargaan Game of the Year. Siapa musuh utama dalam game ini? Joker.

Persona 5

images 946

Seri keenam dari Persona ini begitu banyak penggemarnya terutama bagi mereka yang wibu. Belum pernah memainkannya? Coba mainkanlah di PS3 kamu dan rasakan keseruannya. Apalagi jika kamu seorang wibu, kamu kemungkinan akan menyukai ceritanya.

Fallout 3

images 947

Seri ketiga Fallout ini menjadi salah satu yang disorot ketika pertama kali dirilis. Dengan cerita yang kompleks namun tetap asyik untuk dimainkan. Fallout 3 merupakan seri pertama yang dibuat oleh Bethesda setelah membelinya dari Inplay Entertainment.

Mortal Kombat

images 948

Seri game fighting Mortal Kombat sudah terkenal sejak jaman konsol generasi keempat. Di era Playstation 3, Mortal Kombat melakukan reboot dengan judul yang sama ketika pertama dirilis di SNES dan Sega Genesis. Upayanya melakukan pembaruan lumayan berhasil di mana game ini menampilkan berbagai karakter original dengan grafik yang ditingkatkan.

WWE 12

images 949

Inilah seri WWE yang terakhir kali dibuat oleh THQ sebelum mengalami kebangkrutan. Selanjutnya game WWE diambil oleh 2K hingga sekarang. Jika kamu mencari game WWE mana yang seru maka WWE 12 ini bisa menjadi pilihannya.

The Elder Scrolls Vː Skyrim

images 950

Seri ini menjadi sangat disukai oleh sebagian fans. Seri kelima dari The Elder Scrolls ini merupakan game bergenre action RPG yang dikembangkan oleh Bethesda Softworks. Selain di PS3 game ini juga dirilis di PC.

Mika Loki
Gamer love live school idol festival dan menyukai musik metal.