20 Game PS2 Terbaik dan Paling Fenomenal Sepanjang Masa, Ayo Mainkan Kembali!

images 915

Sony Playstation 2. Sebuah konsol legendaris yang sangat fenomenal dan dinobatkan menjadi konsol terlaris sepanjang sejarah dengan terjual lebih dari 140 juta unit. Konsol ini dirilis pada tahun 2000 sebagai penerus dari PS1 yang sudah sukses terlebih dahulu. PS2 menjadi konsol dengan masa terlama yakni baru berhenti produksi pada tahun 2013.

Konsol ini menjadi sangat sukses karena cukup banyak video game terbaik bermunculan. PS2 juga bisa disebut sebagai konsol ajaib karena kemampuannya yang melebihi zamannya. Sebuah lompatan yang cukup antara PS1 dan PS2 di dari segi kualitas grafik meningkat tajam.

Nah, bagi kamu yang ingin memainkan kembali game lawas di PS2 baik itu di emulator maupun konsolnya langsung berikut ini adalah deretan game PS2 terbaik sepanjang masa versi Jurumata yang berdasarkan dari beberapa referensi. Perlu diketahui daftar di bawah diurutkan secara acak dan urutan tidak menunjukan urutan kualitas game itu sendiri.

Metal Gear Solid 3

images 914

Seri ketiga dari Metal Gear Solid ini menawarkan sesuatu yang berbeda dan jelas ada peningkatan dari seri sebelumnya. Cerita yang dalam dan juga grafik yang indah menjadi kelebihannya. Soal gameplay jangan ditanya. Hideo Kojima terkenal karena jago dalam meracik gameplay yang inovatif dan dinamis.

GTA: San Andreas

images 915

Yang satu ini pasti hampir semua gamer pernah memainkannya. GTA: SA adalah game terlaris di PS2. Sampai sekarang game ini masih banyak yang memainkannya. GTA ini bahkan layak dijadikan GTA terbaik. Gameplay dan cerita yang memorable dan nyaris sempurna dari semua aspek.

God of war 2

images 916

Inilah game dengan grafik terbaik di PS2 dan kualitas grafiknya nyaris setara dengan PS3. Dalam seri kedua ini, cerita Kratos dalam membasmi dewa Yunani menjadi lebih seru. Gameplay-nya pun jadi lebih adiktif dan membuat pemain serasa masuk ke dalam dunia mitologi Yunani yang penuh keajaiban.

Resident Evil 4

download 9

Dari semua seri Resident Evil, RE4 adalah yang terbaik. Hampir semua penggemar setuju akan hal itu. Dalam RE4 diceritakan Leon Kennedy yang sudah menjadi polisi senior di STARS harus menyelamatkan gadis remaja yang merupakan putri dari Presiden. Di sanalah Leon menemukan virus yang membuat orang menjadi gila.

Grand Theft Auto III

images 917

GTA III adalah seri yang membuat tonggak sejarah bagi Rockstar Games. Melalui game inilah genre open world semakin populer. GTA III juga menjadi seri dengan grafik 3D dan mampu mendapatkan ulasan positif. Tanpa kesuksesan GTA III, mungkin San Andreas juga tidak akan ada.

Final Fantasy X

images 918

Seri Final Fantasy X adalah seri pertama untuk PS2 dan berhasil naik level dengan lompatan yang tinggi. Urusan cerita game ini membawa para pemainnya larut dalam kisah Tidus, Yuna, dkk. Jangan lupakan musik gubahan Nobuo Uematsu yang menjadikan game lebih hidup.

Downhill Domination

images 919

Salah satu judul game yang paling banyak dimainkan di rental PS2 dulu. Downhill memang punya gameplay yang adiktif. Ada cukup banyak trek yang menantang untuk ditaklukan. Di sini karakter juga bisa saling baku hantam dan menjatuhkan satu sama lain termasuk melempar karakter lain dengan botol.

God of War

download 10

Pada 2005, Santa Monica merilis God of War dan berhasil mendapatkan ulasan positif sekaligus membuat ganre hack and slash menjadi dikenal banyak orang. Membawa tema mitologi Yunani dalam seri pertama ini, Kratos sebagai prajurit Sparta harus mengalahkan sang dewa perang, Ares.

Shadow of Colossus

images 920

Sebuah game yang kurang begitu dikenal di Indonesia, padahal game ini grafiknya sangat indah dan melebihi zamannya. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memainkannya kalau dulu sama sekali belum pernah memainkan. Dulu ketenaran game ini mungkin tertutupi oleh GTA dan RE4.

The Warriors

images 921

Buatan Rockstar memang selalu menarik dan The Warrior adalah salah satunya. Game ini diangkat dari film klasik berjudul sama dan isinya adalah tentang tawuran dan baku hantam antar gang jalanan. Tertarik untuk kembali terjun ke dunia The Warriors yang brutal?

Need for Speed: Underground 2

images 922

Game balapan yang satu ini dulu sempat digandrungi oleh anak-anak di rentalan karena kita bisa memodifikasi mobil yang semula dari biasa saja menjadi lebih keren. Bukan hanya itu, gameplay-nya pun keren. Kita serasa menjadi pebalap jalanan yang sebenarnya.

Smackdown!: Here Comes the Pain

images 923

Dari semua seri Smackdown! Yang dirilis setiap tahun, Here Comes the Pain adalah satu yang terbaik. Di masanya game ini termasuk yang melebihi zamannya. Grafiknya pun termasuk yang paling mengagumkan ketika itu. Mode permainan yang bertambah dari sebelumnya dan juga story mode yang cukup menarik.

Harvest Moon: A Wonderful Life

images 924

Walaupun tidak sesukses Back to Nature, namun A Wonderful Life membawa sejumlah perbaikan dari seri sebelumnya (Save the Homeland) yaitu di sini pemain bisa menikah. Bagi para pecinta Harvest Moon tidak ada salahnya jika kamu memainkan kembali game ini dan memulai petualangan dengan bercocok tanam.

Bully

images 925

Ayo kembali ke sekolah, ikuti pelajaran dan berkonflik dengan gang lain! Game kontroversial ini menjadi warna tersendiri bagi PS2. Bully juga telah tersedia untuk Android dan iOS dan masih banyak orang yang memainkannya hingga sekarang. Seberapa seringkah kamu berbuat masalah di sekolah di dunia Bully?

Burnout 3: Takedown

images 926

Dalam game ini kamu akan kebut-kebutan di jalanan dengan kecepatan super dan menyingkirkan mobil lain secara brutal. Jangan sampai kamu yang tabrakan dan justru kalah dalam balapan. Burnout 2 adalah salah satu game balapan arcade terbaik di PS2.

Kingdom Hearts II

images 927

Di seri keduanya ini, Square Enix berhasil menggabungkan unsur RPG ala Final Fantasy dan karakter-karakter Disney Populer termasuk Mickey Mouse dan Donald Duck. Berminat untuk memainkannya atau justru dulu kamu pernah memainkannya dan ingin memainkan game ini kembali untuk nostalgia?

Metal Gear Solid 2: Son of Liberty

images 928

Seri kedua dan merupakan bagian pertama dari seri MGS untuk PS2. Dalam MGS: Son of Liberty, yang disajikan adalah seperti yang ada di MGS pertama namun dengan grafik yang meningkat dan jalan cerita yang tak kalah menarik. Begitu juga dengan gameplay-nya yang punya ciri khas yang kuat.

GTA: Vice City

images 929

Kejayaan GTA: Vice City tidak berlangsung lama karena keburu ada San Andreas yang sangat fenomenal. Namun Vice City tetap punya ciri khas yang tak tergantikan yaitu latar tahun 80an dan latar tempat di kota Miami. Serasa masuk ke dalam film gangster tahun 80an dengan segala musik dan lagu yang ngetren ketika itu.

Dynasty Warriors 5

images 930

Ada beberapa seri Dynasty Warriors yang ada di PS2 dan salah satunya adalah Dynasty Warriors 5. Mode permainan yang lebih bervariasi dari seri sebelumnya dan juga beberapa perbedaan lainnya menjadikan game ini begitu seru untuk dimainkan. Siapa karakter favorit kamu di sini, Lu Bu?

Gran Turismo 4

images 931

Seri simulasi balapan mobil ini kembali hadir di PS2 dan saat itu lagi-lagi mendapatkan ulasan yang positif. Beberapa peningkatan terjadi termasuk grafik dan jumlah mobil yang dihadirkan. Gameplay-nya pun lebih disempurnakan lagi sehingga semakin mirip dengan balapan asli.

Sky
Blogger, love all about pop culture