Pesan Moral yang Bisa diambil Dalam Drama Korea Hi Bye, Mama!

Drama Korea

Pesan Moral dalam Drakor Hi Bye, Mama!

Drama Korea

Hi Bye, Mama! Merupakan drama korea yang dibintangi oleh Kim Tae Hee sebagai Cha Yoo Ri menjadi peran utama di dalam drama. Wanita berusia 40 Tahun ini kembali ke dunia acting setelah vacuum selama 5 tahun.

Drama ini menceritakan tentang Cha Yoo Ri yang mengalami kecelakaan saat dia hamil tua. Dalam situasi itu Cha Yoo Ri terluka parah dan tidak bisa diselamatkan, namun ketika disituasi genting itu Cha Yoo Ri meminta bantuan agar bayinya yang diselamatkan.

Anak tersebut menjadi anak perempuan yang lucu nan cantik bernama Jo Seo Woo.

Cha Yoo Ri menjadi hantu gentayangan selama 5 tahun. Dan ia mendapatkan kesempatan untuk hidup kembali  selama 49 hari atau renkarnasi. Jika ia hidup kembali ia harus mengembalikan posisi dimana ia menjadi seorang istri dari Jo Kang Hwa ( Lee Kyu Hyung) yang sudah menikah lagi dengan salah satu junior dirumah sakit ia bekerja yang bernama Oh Min Jung (Go Bo Gyeol).

Cha Yoo Ri paham akan situasinya saat ini sehingga ia tidak mungkin menjadi seorang istri dan ibu unutk Jo Kang Hwa dan anaknya.

Drama ini menjadi jalan cerita yang seru dan bagus. Terkadang penonton dibuat terharu dan berurai air mata ketika menonton drama ini. Selain menghibur, Hi Bye Mama! Ini mempunyai pesan moral untuk kita yang bisa kita oelajari dalam keihdupan kita. Apa ajasih pesan moral nya? Yuk kepoinn…

Hidup Bukan Hanya Milik Kamu Sendiri

Drama Korea

Di dalam drama Hi Bye, Mama! Banyak orang-orang yang menyesali perbuatan yang mereka lakukan seperti salah satu arwah yang ada didalam drama ini, ia bunuh diri karena tekanan didalam pekerjaannya, sehingga ibunya terpukul dan selalu sedih,melihat hal itu ia menyesali perbuatannya sendiri.

Menjadi manusia yang merasa cukup, jangan Serakah!

Pesan Moral Drama Korea

Setelah Cha Yoo Ri menjadi manusia lagi, dia diberi pilihan, pilihan pertama ia harus kembali keposisi semula dalam keluarganya, pilihan keuda jika tidak melakukan hal pertama ia menghilang dan tidak akan renkarnasi selamanya.

Cha Yooo Ri tidak mengambil pilihan yang pertama karena ia paham betul bahwa suaminya sudah bahagia mempunyai keluarga baru , ia hanya ingin mengusir roh roh jahat yang mengganggu anaknya tersebut.

Bagi Seorang Ibu, Anak Adalah Segalanya

Drama Korea

Saat Cha Yoo Ri menjadi manusia kembali, ia hanya ingin melindungi anaknya dari arwah-arwah yang jahat kepada anaknya tersebut. Selama  Cha Yoo Ri menjadi arwah gentayangan sekitar anaknya Jo Sun Woo, ia menjadi sensitif dan bisa melihat arwah yang gentayangan sekitarnya. Usaha Cha Yoo Ri untuk mengusir para arwah ia rela melamar pekerjaan sebagai pegawai dapur di Tk tempat Sun Woo bersekolah.

Hargailah Waktu yang kamu miliki , memaknai setiap kehidupan sebelum menyesali dikemudian hari

Drama Korea

Dalam drama ini banyak sekali penyesalan-penyesalan Jo kang Hwa dan Cha yoo Ri rasakan. Seperti Jo kang Hwa yang sering mengabaikan permintaan istrinya dan Cha Yoo Ri yang malas menjemput suaminya ketika hujan di halte bus. Penyesalan mereka rasakan ketika maut memisahkan mereka berdua.

Lalu ada Sceen dimana Cha Yoo Ri mendadak tewas akibat kecelakaan saat ia sedang mengandung anak pertamanya. Padahal ia mengira hidupnya akan sama di tahun-tahun selanjutnya bersama sang suami. Tapi, takdir berkata lain.

Setelah menjadi arwah, Cha Yoo Ri menyadari semacam hal yang masih ingin dilakukannya. Salah satu Keinginannya adalah melihat anaknya yang selamat, anaknya tumbuh menjadi anak yang menggemaskan. Cha Yoo Ri menyesal dan putus asa melihat hal tersebut karena tidak bisa lagi menyentuh putri kecilnya.

Sibuk memikirkan Ego hanya akan menghilangkan orang yang kita sayangi!

Drama Korea

Setelah meninggal, Cha Yoo Ri menjadi Hantu gentayangan, Yoo Ri mendatangi Sahabatnya Go Hyun Jung ( Shin Dong Mi). Pada saat itu Hyun jung sedang menyuapi salah seorang pelanggannya yang sedang putus asa karena cinta. tetapi ia menolak , karena ia lebih mementingkan emosi dan egonya.

Cha Yoo Ri yang melihat hal tersebut menyesal karena semasa hidup ia pun selalu memntingkan ego sendiri saat menghadapi masalah. Padahal menghabiskan waktu dengan orang yang disayang jauh lebih penting dari bertengkar karena hal sepele.

Akan selalu ada hal baik disaat sulitmu!

Drama Korea

Ketika Cha Yoo Ri menjadi hantu gentayangan, ia bisa mengikuti kemanapun orang tuanya pergi, anaknya, seuaminya, dan bahakn teman teman terdekatnya tanpa harus membuat alasan ketika bertemu dengan mereka.

Berbeda ketika Cha Yoo Ri kembali menjadi manusia utuh ia sulit untuk bertemu dengan,orang tuanya, anaknya, dan anaknya karena ia harus membuat alasan.

Hal ini bisa kita ambil seberapa sulit masalah yang kita hadapi, ada hikmah dibalik itu semua. Jangan Nyerah!

Hal buruk yang terjadi padamu, kamu harus bertahan demi orang-orang yang ada disekitarmu!

Drama Korea

Sosok yang paling kehilangan atas meninggalnya Cha Yoo Ri adalah suaminya, Cho Kang Hwa sangat terpukul dan menyesali ia tidak bisa mnyelematkan nyawa istrinya padahal ia seorang dokter bedah, hal ini yang membuat Cho Kang Hwa menyesali seumur hidupnya, bahkan ia sempat beberapa kali mencoba bunuh diri. Akan tetapi, ibu mertuanya memninta untuk bertahan demi putri semata wayangnya yang baru lahir.

Atas alasan tersebut, Cho Kang Hwa kembali mengurus putri semata wayangnya dengan melupakan kejadian ia ingin bunuh diri.

Itulah mengapa kita harus bertahan disaat keadaan sulit sekalipun, hanya demi orang-orang yang kita sayangi disekitar kita. Mereka pun sama mempunyai hal yang lebih menyakitkan.

Nah itulah pesan Moral dalam drama Hi Bye, Mama! Yang bisa kalian pelajari, banyak sekali pesan moral dalam drama-drama apapun jika kita bijak dalam menonton. Yang belum nonton ini, kamu harus nonton karena ini termasuk drama terbaik 2020.

Menurut kamu selain pesan moral yang ada dalam drama ini apakah ada lagi dalam drama lain yang kamu ketahui? Kamu bisa ceritakan di dalam kolom komentar ya! 🙂

Praditha Nindya
Seorang Accounting, yang suka menulis