10 Emulator Game Jadul Klasik Terbaik Untuk Android, Mari Bernostalgia

Game Jadul

Video game sudah semakin canggih saja dan kini konsol game sudah mencapai generasi kesembilan lewat PS4 dan Xbox Series X. Akan tetapi tentu saja game jadul punya sensasi tersendiri saat memainkannya. Mulai dari game jadul Nintendo hingga PS2 semuanya menyimpan kenangan yang tidak mudah dilupakan oleh para gamer angkatan jadul.

Angkatan 80an punya kenangan dengan Nintendo NES yang masih 8-bit dengan banyak game mengesankan dan ikonik seperti Super Mario, Donkey Kong, Zelda, dll. Sementara angkatan 90an punya kenangan dengan Sega, SNES, dan juga PS1. Kenangan game 90an memang sangat berkesan dan tidak mudah dilupakan begitu saja terutama kenangan saat bermain di rental.

Sementara itu memasuki 2000an kita ditemani oleh PS2 yang jadi konsol terbaik sepanjang masa dengan banyak judul game yang sangat terkenal. Nah, jika kita ingin sekedar bernostalgia lewat game jadul memang agak susah kalau harus membeli konsol lawas karena sudah tidak diproduksi lagi. Tapi ada cara lain yang mudah untuk bernostalgia yaitu bermain game jadul dengan emulator dan memainkannya lewat hape Android. Inilah deretan emulator game jadul untuk nostalgia di Android.

ePSXe (Playstation 1)

images 866

Emulator game yang paling terkenal yang bisa berjalan dengan lancar di Android adalah ePSXe yang merupakan emulator PS1 dan bisa memainkan banyak judul game yang kamu kangenin. Sayangnya, untuk versi resminya ePSXe memang berbayar walaupun di luar sana banyak tersedia versi bajakannya. PS1 sendiri merupakan konsol game generasi keenam yang dirilis pada 1994. Konsol ini sangat fenomenal di era 90an dan menjadi awal Sony terjun ke industri game. Tentunya sangat banyak sekali judul game terbaik yang ada di PS1 mulai dari petualangan, sports, balapan, hingga RPG.

M64Plus (Nintendo 64)

 

Nintendo 64 kurang terkenal bagi sebagian besar gamer di Indonesia walaupun ada sedikit di antara mereka yang punya kenangan dengan konsol ini. N64 termasuk laris di masanya walaupun secara penjualan kalah telak oleh PS1. Kala itu, harga N64 lebih murah dari PS1 tapi punya harga game yang lebih mahal. Ini karena N64 memakai media cartridge yang biaya produksinya lebih mahal. Untuk yang penasaran bagaimana rasanya bermain N64 kamu bisa memainkannya lewat emulator di Android dengan M64Plus yang hebatnya tersedia gratis di Google Play. Kamu tinggal mencari ROM gamenya dan memainkannya. Game yang paling direkomendasikan adalah Super Mario 64 yang merupakan game Mario dengan grafik 3D pertama.

DamonPS2 (Playstation 2)

Android jadul klasik

Pasti hampir semua yang mengaku gamer pernah bermain PS2 dan merupakan konsol tersukses sepanjang masa. PS2 menjadi penyebab berjayanya rental PS di Indonesia. Banyak sekali judul game terkenal di PS2 termasuk game fenomenal GTA: San Andreas. Ada emulator PS2 di Android yang tersedia secara gratis namun perlu diketahui bahwa untuk bisa memainkan emulator PS2 di Android membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi agar pengalaman bermain lebih optimal tanpa lag yang berarti. Dengan kata lain dibutuhkan chipset kelas atas agar smartphone mampu menjalankan DamonPS2 dengan lancar.

PPSSPP (Playstation Portable)

images 868

Bagi sebagian gamer angkatan PS2, ada juga yang punya pengalaman dan kenangan dengan PSP. Namun ada pula gamer yang dulu belum pernah mencicipi bagaimana rasanya bermain PSP. Konsol genggam ini sukses di pasaran karena grafiknya yang berkualitas tinggi dan nyaris setara dengan PS2. Bagi kamu yang ingin merasakan kembali bagaimana serunya bermain PS2 bisa menginstal aplikasi PPSSPP di Android dan tentunya gratis. Memang ada versi gold yang berbayar namun sebenarnya tidak ada bedanya dan hanya berupa donasi untuk developernya.

Drastic Emulator (Nintendo DS)

images 869

Nintendo DS adalah konsol genggam terlaris sepanjang masa dan berhasil mengalahkan PSP dalam angka penjualan. Inovasi Nintendo berupa dual screen alias dual layar mampu menjadikan konsol ini sukses besar. Nintendo DS bisa dimainkan lewat emulator di Android bernama Drastic Emulator. Namun aplikasi ini berbayar. Meski demikian harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang diberikan karena mampu menjalankan berbagai game NDS dengan baik termasuk Super Mario DS.

John GBA (Gameboy Advance)

images 870

Gameboy Advance dari Nintendo juga menjadi salah satu konsol genggam tersukses sepanjang sejarah dan merupakan penerus Game Boy Color. Di sini banyak game terkenal yang bisa dimainkan termasuk Pokemon dan Crash Bandicoot. Ukuran gamenya pun sangat kecil dan tentu saja akan sangat lancar dimainkan di Android. Dari sekian banyak emulator game GBA di Android salah satunya adalah John GBA yang punya versi gratis dan juga berbayar.

GenPlus Droid (Sega Genesis)

images 871

Di tahun 90an, Sega Genesis atau Sega Mega Drive memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak yang hobi bermain game. Walaupun masih 16-bit namun termasuk yang canggih di zamannya. Tidak semua anak-anak saat itu bisa punya konsol ini. Kamu bisa memainkan emulatornya di Android menggunakan aplikasi GenPlus Droid yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Game yang paling terkenal di Sega Genesis adalah Sonic the Hedgehog

Snes9x (Super Nintendo)

images 872

Super Nintendo Entertainment System (SNES) adalah saingan utama Sega Genesis di era 90an. Cukup banyak game terkenal yang bisa dimainkan di sini termasuk seri Mario dan juga Donkey Kong Country. Sementara itu emulatornya di Android yang bernama Snes9x tersedia secara gratis dan sudah diinstal jutaan kali serta mendapatkan ulasan positif.

Classic Games – Arcade Emulator (Ding Dong)

images 873

Ding Dong atau mesin game arcade menyimpan banyak kenangan bagi gamer jaman dulu. Untuk mengobati kerinduan tersebut kamu bisa memainkannya kembali di hape Android kamu lewat aplikasi Classic Games yang link-nya tinggal kamu klik saja tulisan sub judul di atas dan langsung instal di Play Store secara gratis. Isi gamenya cukup banyak mulai dari Captain Commando, Punhisher, hingga Metal Slug.

Super8Plus (NES)

images 31

Nintendo Entertainment System (NES) adalah salah satu konsol paling berpengaruh sepanjang masa. Jika kamu termasuk generasi baru dalam dunia game maka tak ada salahnya untuk mencoba bermain game NES yang masih 8-bit dan sangat sederhana. Super8Plus adalah emulatornya di Android yang dapat diinstal secara gratis alias tidak bayar.

Itu dia deretan emulator game klasik terbaik di Android. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Dengan smartphone Android kita bisa memainkan banyak game dari berbagai era. Itulah canggihnya teknologi.

Sky
Blogger, love all about pop culture