Lowongan Kerja di Google Kebanyakan Penipu?

pln

Lowongan Kerja di Google Banyak Hoax?

Lamaran Kerja di Google Hoax

 

Benarkah ketika kita Googling “Lowongan Kerja” yang keluar itu semua otentik dari perusahaan terkait? Atau memang benar perusahaan tersebut sedang melakukan rekrutmen?.

Maka kita harus gali lagi lebih dalam, sayangnya kebanyakan Loker (Lowongan Kerja) di Google banyak yang tipu-tipu, mengatasnamakan perusahaan yang ketika ditelusuri perusahaan tersebut sedang tidak melakukan rekrutmen. Sebagai contoh disini perusahaan PT. PLN Indonesia.

pnl hoax cuih

 

Lihat dan amati saja lampiran rekrutmen diatas, jika kita tidak berhati-hati dan membaca selewat, sangat meyakinkan bahwa itu dari PT. PLN indonesia. Namun ketika kita baca dengan cermat, di bagian alamat email yang tertera disitu [email protected]. Bagaimana mugkin Perusahaan besar milik negara sekelas PLN menggunakan host email gratisan seperti email, gmail, rocketmail dan host gratisan lainnya.

Perlu kita pelajari dan telusuri pula, di situs resmi PLN apakah mereka sedang melakukan rekrutmen atau tidak, dan jika ya, kita lihat Host yang mereka gunakan yang resmi itu apa? Host resmi yang digunakan PLN dalam proses rekrutmen dapat kita lihat disini rekrutmen.pln.co.id

Atau bisa kita lihat pula di akun media sosial resmi PLN baik itu di akun Twitter, facebook dan instagram.

Bukan hanya PLN saja yang menjadi korban para penipu, perusahaan besar lainnya pun tidak luput dari akal-akalan busuk penipu. Bisa kita lihat ketika googling dengan kata kunci “Lowongan Kerja” ada beberapa yang jelas itu sebuah tipu daya oknum. Bisa kita lihat dari alamat email yang menggunakan hosting yang ga jelas, atau mereka mencantumkan no hp dan Whatsapp, karena perusahaan besar tidak mungkin melakukan rekrutmen via Whatsapp.

Sangat disayangkan betul, ketika mencari kerja itu cukup sulit dan ditambah maraknya para penipu yang mengatasnamakan perusahaan tertentu untuk melakukan aksi busuk mereka, dengan berpura-pura melakukan rekrutmen, lalu dimintai data si pelamar sampai uang untuk biaya admin, biaya transportasi atau biaya ga jelas lainnya.

Berhati-hatilah jika kalian sedang mencari kerja, sangat perlu cermat dalam melihat lampiran lowongan kerja, baik itu di google, atau media sosial lainnya. Harus di catat pula, semua proses rekrutmen perusahaan manapun tidak dipungut biaya, maka jika ada suatu perusahaan yang minta uang, perlu dicurigai dan ditelusuri lebih dalam lagi.