7 Negara yang Paling Jago Esports di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

images 854

Esports atau secara harfiah berarti olahraga elektronik adalah jenis kompetisi dalam bermain video game baik itu di konsol, PC, maupun di perangkat mobile. Esports sebenarnya sudah ada dan berkembang sejak era 2000an namun baru berkembang besar di Indonesia sekitar tahun 2017 ketiga game Mobile Legends menjadi fenomenal di negeri kita. Sejak saat itu orang awam pun mulai mengenal Esports dan bahkan banyak orang yang ingin berkecimpung dan terjun di dunia Esports dengan jadi pro player.

Meski demikian, prestasi Indonesia di dunia Esports masih dikatakan kurang jika dibandingkan dengan negara lain. Prestasi Indonesia di beberapa kompetisi Esports memang membanggakan namun tidak terlalu menonjol. Namun dengan dukungan dari berbagai pihak dan skill para player Indonesia akan semakin mumpuni.

Nah, dalam tujuh negara paling jago di bidang Esports ini ternyata Indonesia belum termasuk dan bahkan dalam rankingnya Indonesia masih kalah oleh Filipina, Thailand, dan Malaysia. Langsung saja ini dia pembahasan singkatnya.

 Amerika Serikat

amerika adalah salah satu negara esports terbaik

Peringkat pertama ditempati oleh mbahnya Esports dan menjadi negara adidaya yaitu Amerika Serikat. Jelas industri Esports di negeri ini sudah sangat maju karena industri video gamenya sendiri menjadi adikuasa di seluruh dunia. Team Esports terkenal dari Amerika di antaranya adalah Team Liquid, Evil Geniuses, Team OG, Fnatic, dll. Hampir semua jenis game Esports terbesar, Amerika selalu punya prestasi terutama di DOTA 2 dan Call of Duty. Menurut data, jumlah pro player di Amerika adalah yang terbanyak di dunia dan paling banyak memenangkan hadiah turnamen.

Korea Selatan

images 848

Korsel jelas menjadi raja Esports di Asia karena negara ini banyak menciptakan game online baik yang kompetitif maupun pay to win. Salah satu game paling terkenal yang berasal dari Korea Selatan adalah PUBG. Di Korea, Esports sangat didukung oleh pemerintahnya dan skill para pro player di sana sangat mumpuni berkat pembinaan yang baik. Sudah banyak prestasi yang ditorehkan tim Esports asal Korea Selatan. Sementara itu salah tim Esports yang paling terkenal di Korsel adalah MVP yang membentuk tim CSGO, Honor of Kings, League of Legends, Overwatch, dan PUBG.

China

images 849

Di nomor tiga masih ditempati oleh negara Asia tepatnya oleh negara dengan penduduk terbanyak di dunia, China. Negara ini memang patut disegani dalam hal perkembangan video gamenya yang mulai menginvasi dunia lewat perusahaannya yang bernama Tencent di mana perusahaan ini telah banyak merilis game gratis berkualitas. Prestasi China di Esports pun tak usah diragukan bahkan banyak turnamen berhadiah besar diadakan oleh China. Salah satu tim yang paling terkenal adalah TOP Esports yang berprestasi di PUBG Mobile.

Perancis

images 850

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan pecinta esports dunia jika Perancis merupakan salah satu negara yang paling disegani di bidang ini dan menjadi negara Eropa paling berprestasi di dunia Esports dan kerap bersaing ketat dengan negara Eropa lainnya di berbagai jenis video game. Tim-tim Esports terkenal yang berasal dari Perancis antara lain adalah G2 Esports, Renault Vitality, Very Games, Rogue, dll.

Denmark

images 851

Selain Perancis, negara Eropa yang paling jago Esports lainnya adalah Denmark yang cukup sering menjuarai berbagai turnamen bergengsi. Salah satu tim yang paling terkenal asal Denmark adalah Astralis. Tim tersebut berfokus pada kompetisi game CSGO.

Rusia

images 852

Kita bisa melihat tim Rusia berkompetisi dalam berbagai jenis game karena memang Esports dikembangkan di negara yang dulunya adalah Uni Soviet tersebut. Rusia kerap bersaing dengan Amerika dan juga negara lainnya untuk merebut gela juara di berbagai turnamen. Tim yang terkenal dari Rusia ada Moscow Five, Virtus.Pro, dll.

Kanada

images 853

Yang terakhir atau di nomor tujuh ada Kanada yang merupakan tetangga Amerika. Beberapa tim terkenal dari Kanada adalah Luminosity Gaming, Montreal Rebellion, Toronto Defiant. Kanada pernah menjadi tuan rumah The International 2018.

Ya, itulah dia ketujuh negara yang paling merajai dunia Esports. Ternyata Indonesia belum sampai sana dan masih harus berjuang lagi. Karena negara kita masih kalah oleh Filipina, Thailand bahkan Malaysia sekalipun.

Sumber referensi.

Mika Loki
Gamer love live school idol festival dan menyukai musik metal.