6 Alasan Kenapa Realme Bisa Sukses dan Mampu Menyaingi Samsung dan Xiaomi

6 Alasan Realme

Perkembangan dunia smartphone selalu bersifat dinamis dan cepat sekali berkembang. Dulu brand asal China kerap dipandang sebelah mata tapi sekarang malah menguasai dunia termasuk Indonesia. Berbagai vendor asal negeri tirai bambu tersebut mampu menggusur pasar smartphone di berbagai negara bahkan Samsung mulai kewalahan untuk menahan gempuran tersebut. Realme adalah satu yang paling sukses.

Xiaomi yang muncul sejak 2010 mampu menjadi fenomenal tersendiri dan kini punya banyak fans yang setia di berbagai negara termasuk Indonesia yang penggunanya sangat bejibun. Sedangkan Oppo dan Vivo dikenal sebagai vendor yang memproduksi smartphone untuk menengah ke atas yang mampu berinovasi dari berbagai aspek termasuk kamera hingga teknologi flash charging.

Nah, selain itu ada nama Realme yang muncul sejak 2018 yang tiba-tiba mampu menjadi salah satu vendor laris setidaknya untuk pasar Asia Tenggara. Awalnya Realme adalah sub brand dari Oppo tapi kemudian berdiri sendiri. Sejak awal kemunculannya Realme memang mampu menarik perhatian para pecinta smartphone di negara berkembang termasuk Indonesia hingga mampu menyaingi Samsung dan Xiaomi.

Kenapa Realme mampu sukses sebagai vendor baru dan kini bersaing ketat dengan Xiaomi dan Samsung?

Kualitas Yang Mumpuni

realme 6alasan

Yang pertama dan utama adalah soal kualitas. Realme seperti yang diketahui selalu mengedapankan kualitas produknya. Jika tidak unggul dalam hal kualitas, maka Realme dapat dipastikan langsung kalah sejak awal. Masih ingat dengan deretan vendor lokal yang kini hilang entah ke mana? Itu karena kualitas dari vendor lokal selalu dipertanyakan. Konsumen jelas menginginkan produk yang dibelinya berkualitas dari segala aspek dan Realme mempunyai itu semua.

Harga Terjangkau

images 8576800104111294867945

Xiaomi bisa laku salah satu alasannya karena dibanderol dengan harga murah. Realme sadar akan hal itu karena jika mereka mematok harga yang lebih mahal maka jelas akan kalah. Khusus di negara berkembang seperti Indonesia harga merupakan hal yang sensitif dan krusial. Realme biasanya memasang harga yang kompetitif dengan produk Xiaomi namun mampu memasang banderol yang lebih murah dari Samsung.

Kekuatan Oppo

images 301855770961450468121

Meskipun sekarang Realme sudah berdiri sendiri, namun tidak bisa dipungkiri jika Oppo berperan penting dalam Kesuksesan Realme karena sedari awal sudah punya nama besar. Oppo hanya tinggal memproduksinya saja dan menjualnya dengan embel-embel sub brand Oppo. Dengan demikian Realme berhasil mendapatkan kepercayaan dari konsumen berkat reputasi yang baik yang dimiliki oleh Oppo yang notabenenya merupakan salah satu vendor hape terbaik saat ini.

Peluncuran Produk Baru Tanpa Jeda

images 8581357322486025631198

Jika vendor papan atas seperti iPhone meluncurkan produk smartphone terbarunya setahun sekali, maka Realme bisa merilis produk terbaru sampai tiga atau empat bulan sekali. Dengan seperti itu media akan terus meliput kedatangan produk baru dari Realme di mana biasanya launching produk baru disiarkan langsung lewat video streaming di sosmed dan akan diliput oleh para influencer dunia teknologi seperti para reviewer gadget.

Marketing yang Jenius

images 8595598194308514850407

Sama seperti Xiaomi yang tidak terlalu agresif dalam hal membuat iklan, namun Realme memang masih mau membuat iklan di tv walaupun tidak sebanyak kakaknya, Oppo dan Vivo. Marketing Realme itu pintar, mereka lebih sering memasarkan produknya lewat promosi online dengan cara rajin meluncurkan produk baru.

Tidak Ghaib

images 860586234420629984357

Bukan sebuah rahasia lagi jika ketika Xiaomi meluncurkan sebuah produk baru dan penjualanya melalui flash sale online, maka beresiko jika produk tersebut menjadi ghaib entah kemana. Penjualan cepat habis tapi banyak orang yang tidak kebagian. Orang-orang yang ingin membeli pun kesusahan mencari stok yang masih tersedia. Realme tidak mengenal hal yang seperti itu dan tidak ada istilah ghaib dalam penjualannya.

Jurumata.com