Isi Wattpad Indonesia Menjadi Bukti Kalau Literasi Anak Muda Kita Sangat Memprihatinkan

Wattpad

Isi Wattpad Indonesia

Saya hobi menulis dan bahkan dulu sayang sangat suka menulis untuk dua jenis tulisan yang berbeda yaitu fiksi dan non fiksi. Yang fiksi bisa berupa cerpen atau novel dan non fiksi ya bisa berupa artikel seperti ini. Saya juga suka membaca cerita fiksi sampai akhirnya saya mengenal platform untuk membaca novel secara online gratis yang bernama Wattpad.

Saya begitu kaget ternyata Wattpad sangat ramai oleh pembaca dan penulis Indonesia. Tapi ada satu hal yang mengganjal yaitu cerita yang mendapatkan jumlah pembaca yang banyak hampir semua begitu-begitu saja, genre romansa remaja dengan tema dan pola yang serupa sementara cerita yang berbobot malah tenggelam dan tidak laku. Di sini saya tidak akan menggeneralisir jika tulisan di Wattpad itu semua sama tapi kebanyakan memang begitu-begitu saja.

Yang selalu nongol di jajaran teratas biasanya adalah cerita tentang gadis miskin bertemu pria kaya seperti direktur perusahaan atau CEO. Kalau latar ceritanya di SMA pasti selalu mempertemukan siswa laki-laki berjiwa pemberontak dan suka bikin masalah, biasanya dia adalah anggota gang motor. Aneh bin ajaib, orang yang seperti ini selalu menjadi idola di sekolahnya dan jadi pujaan gadis-gadis. Si laki-laki ini lalu jadi berubah setelah bertemu gadis yang biasa saja namun bisa menarik hatinya. Ya, selalu seperti itu.

Hal ini menandakan jika selera pembaca Wattpad di Indonesia yang mayoritasnya adalah para remaja dan dewasa muda seleranya ya demikian, selalu tentang cinta dengan tema yang sama dan berulang-ulang. Persis seperti FTV Indosiar yang template ceritanya berulang-ulang. Dulu saya menganggap minat baca remaja Indonesia sangat rendah, tapi ternyata tidak begitu rendah, malah cenderung naik. Hanya saja, memang yang dibaca adalah bahan bacaan yang begituan, tentang bucin.

Sekarang mari kita bahas tentang cerita-cerita atau novel Wattpad yang sudah dibukukan yang mempunyai jutaan pembaca. Bahkan sudah ada beberapa yang difilmkan. Salah satu yang sudah difilmkan adalah Mariposa, yang ditulis oleh Luluk HF. Itu sudah difilmkan dengan dibintangi oleh Adisty Zara dan Angga Yundana.

Apakah tema cerita menarik dan berbobot serta memiliki premis yang hebat? Tidak juga. Isi ceritanya hanyalah seorang gadis SMA yang mengejar-ngejar laki-laki yang disukainya secara gila-gilaan. Novel ini sebenarnya banyak dikritik habis-habisan karena mempunyai banyak kelemahan dari segala aspek.

Kemudian ada novel Galaksi yang kabarnya juga akan segera difilmkan. Di Wattpad novel ini dibaca jutaan kali dan buku cetaknya juga laris manis sampai-sampai ada versi bajakannya yang lucunya dibeli oleh para penggemarnya. Ketika pertamakali mendengar judulnya, saya mengira buku ini adalah buku sains yang berisikan pengetahuan Tata Surya atau novel fiksi ilmiah tentang luar angkasa.

Ternyata novel ini tidak lain adalah novel bertema remaja dan anggota gang motor yang jatuh cinta pada seorang gadis biasa. Isinya dipenuhi dengan adegan perkelahian antar gang remaja SMA dan suasana tak masuk akal lainnya. Jika novel ini dikritik tidak mendidik maka bersiaplah para penggemarnya akan menyerang balik dengan dalih jika ceritanya ada unsur mendidiknya. Mendidik bagian apanya? Karena si tokoh utama ternyata bisa menjadi anak bermasalah karena masa lalunya dan itu bisa dijadikan pesan moral?

Banyak cerita Wattpad yang punya tema cerita serupa dan ironisnya banyak yang suka. Cerita dengan genre yang lebih menarik seperti fantasi, action, non fiksi, misteri, dan fiksi ilmiah selalu tertutupi oleh cerita-cerita ajaib ala remaja jaman sekarang.

Bahkan kita bisa menemukan cerita yang ditaruh di bagian hashtag yang tidak nyambung sama sekali. Ambil contoh ketika saya membuka hashtag cerita genre fiksi ilmiah dan yang keluar malah banyak cerita tentang fan fiction Korea, cerita rumah tangga, gang motor, dan cerita lainnya yang tidak nyambung.

Ini menandakan banyak penulis Wattpad yang seenak jidat dalam memasukan hashtag genre dalam tulisan mereka.

Bila saya melihat tren bacaan di negara maju, tema ceritanya selalu bervariasi dengan berbagai genre dan tidak selalu bucin. Daya imajinasi dan literasi orang di negara maju memang tidak hanya sampai memuja hal bucin dan sebatas cerita rumah tangga saja tapi lebih daripada itu.

Tapi ya mau diapakan lagi, namanya juga selera. Selera rakyat negara berkembang.