8 Aplikasi Paling Banyak diunduh (Download) di Android, di Atas Lima Milyar Unduhan!

images 28

Tak diragukan lagi jika Android menjadi sistem operasi (OS) device paling banyak digunakan oleh umat manusia di planet Bumi saat ini. Pengguna Android mencapai milyaran dan para pengguna Android menginstal aplikasi dan game setiap harinya dari Play Store (dulu bernama Android Market. Android sendiri sudah meluncurkan toko aplikasinya sejak dirilis untuk publik. Jutaan aplikasi dari berbagai kategori ada di sana. Mulai dari aplikasi sosmed, game, hingga aplikasi transportasi online.

Nah, jumlah pengguna Android yang mencapai milyaran tersebut tentunya menghasilkan download dan unduhan yang juga banyak. Berikut ini adalah 8 aplikasi Android dengan jumlah download terbanyak yang jumlah unduhannya di atas lima milyar unduhan.

Youtube

images 27

Youtube sebelum adanya Android memang sudah lama ada dan berbentuk website. Sejak internet terus berkembang dan Android jadi OS milyaran umat, Youtube menjadi semakin digemari hingga bisa menjadi platform yang bisa menghasilkan uang. Youtube didirikan pertama kali pada 2006 oleh mantan karyawan Paypal dan dibeli oleh Google. Para pengguna Android juga menjadikan Youtube sebagai salah satu aplikasi yang paling sering dibuka di perangkat smartphone.

Google Maps

images 840

Google Maps seperti yang diketahui adalah layanan peta digital yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2005. Aplikasi ini sangat membantu para penggunanya dalam bernavigasi seperti mencari petunjuk lokasi tertentu. Aplikasi ini juga digunakan oleh banyak perusahaan sebagai salah satu element penting. Contohnya Gojek dan Grab yang memakai Google Maps sebagai peta digitalnya. Karenanya, selain Google Maps merupakan aplikasi bawaan Android, kegunaannya juga memang sangat penting.

Google

images 839

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi bawaan Android di setiap perangkat, karena itulah jumlah unduhannya sangat banyak. Google App menyediakan layanan basic Google yaitu Google search dan yang paling terkenal yaitu Google Asistant. Aplikasi ini sebenarnya cukup jarang digunakan oleh pengguna karena sudah ada browser. Namun sebagian pengguna senang membuka Google Asistan yaitu dengan membuka Google App terlebih dahulu.

 Gmail

images 28

Gmail merupakan aplikasi yang wajib ada di Android karena memang pengguna Android diwajibkan mempunyai Google dan Gmail sebagai alamat email. Aplikasi Gmail di Android berperan sebagai penerima dan mengirim surel secara langsung. Di Android, metode pengamanan akun Gmail cukup ketat. Gmail sendiri adalah raja dari layanan email gratis di seluruh dunia. Jauh mengalahkan Yahoo! Dan juga layanan email lainnya.

Google Chrome

download 8

Aplikasi Chrome tidak langsung ada sebagai browser bawaan ketika pertama kali Android ada. Melainkan baru muncul pada 2012 ketika Android Jelly Bean diluncurkan. Sebelum ada Google Chrome, aplikasi bawaan Android adalah Android Browser yang terkenal berat. Chrome Awalnya juga demikian, tapi seiring perbaikan dan versi Android yang semakin baik, semakin banyak orang yang menggunakan Chrome sebagai browser utama.

Facebook

images 29

Facebook masih menjadi sosmed yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tak heran juga aplikasinya di Android unduhannya lebih dari lima milyar. Sejak diluncurkan di Android, aplikasi Facebook sudah banyak mengalami perubahan dan sering kali dikritik karena terlalu berat. Untuk itulah Facebook juga meluncurkan versi lite dengan size yang lebih kecil dan konsumsi RAM yang rendah.

Google Drive

images 841

Google Drive menjadi aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan file secara online (cloud). Di Android, banyak orang yang memanfaatkan Google Drive untuk back up data seperti kontak telepon, foto, hingga video. Drive juga menjadi salah satu aplikasi tertua di Android.

Whatsapp

whatsapp jadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh di Android

Aplikasi pesan instan ini tentu menjadi aplikasi yang banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Whatsapp yang dulunya mematok tarif sekitar Rp. 10.000/bln menjadi sepenuhnya gratis setelah dibeli oleh Facebook. Sejak saat itulah Whatsapp semakin banyak digunakan oleh orang-orang.

Penutup

Nah, itulah daftar aplikasi Android yang paling banyak diunduh sepanjang masa dan ternyata yang paling banyak adalah mayoritas dari Google dan merupakan aplikasi bawaan Android dan memang cukup penting bagi para pengguna si robot hijau. Pengguna Youtube memang sangat banyak di seluruh dunia. Begitu juga dengan pengguna Gmail dan Google Maps yang merupakan layanan gratis dari Google.