Disukai Banyak Orang, Inilah 7 Video Game Terlaris dan Terpopuler Sepanjang Masa

game terlaris

Inilah 7 Video Game Terlaris dan Terpopuler Sepanjang Masa

Setiap tahunnya banyak judul video game yang dirilis di berbagai platform. Ada yang sukses dan ada pula yang kurang laris. Industri video game mempunyai sejarah yang cukup panjang, mulai dari era 8-bit hingga sekarang menyongsong generasi kesembilan. Dalam sejarahnya tersebut, terdapat sejumlah rekor dan salah satunya adalah rekor game terlaris sepanjang masa.

Game yang sangat laris tentunya disukai banyak orang sehingga angka penjualannya sangat tinggi. Nah, berikut ini adalah deretan video game terlaris dan paling populer sepanjang masa.

1. Minecraft (Mojang Studios)

Ya, game terlaris di dunia saat ini adalah Minecraft yang merupakan game bergenre sandbox open world di mana para pemain diberikan keleluasaan bermain tanpa adanya tujuan atau gol yang harus dicapai. Dalam game ini pemain bisa membangun dunianya sendiri termasuk bangunannya. Meskipun grafiknya tidak terlalu bagus, namun gameplaynya mampu membuat para pemain kecanduan. Minecraft dirilis oleh Mojang Studios di berbagai platform termasuk di konsol, PC, dan mobile. Angka penjualan Minecraft sangat fantastis, yaitu lebih dari 200 juta copy.

2. Tetris (EA dan Nintendo)

Game tetris aslinya adalah buatan orang Rusia bernama Alexey Pajitnov dan merupakan salah satu game paling ikonik di dunia. Dirilis pada 1984 game ini menjadi sangat terkenal berkat kesederhanaan gamenya yaitu puzzle. Ada dua publisher resmi Tetris yaitu Nintendo untuk versi klasik dan EA untuk versi modern. Total penjualannya bila digabungkan adalah mencapai sekitar 143 juta copy. Siapa sih gamer jaman dulu yang belum pernah main Tetris?

3. Grand Theft Auto V (Rockstar Games)

Franchise GTA menjadi salah satu franchise game paling banyak penggemarnya. Yang tersukses secara komersil adalah GTA V yang terjual lebih dari 135 juta copy sejak peluncurannya pada 2013 silam. Game ini bahkan muncul dalam tiga konsol dari tiga generasi yang berbeda, ambil contoh GTA V dirilis untuk PS3, PS4, dan kompatibel untuj PS5. Sampai saat ini masih banyak orang memainkan GTA V online dan entah kapan Rockstar Games akan merilis GTA VI.

4. Wii Sports (Nintendo)

Nintendo menggebrak industri video game dengan inovasinya lewat konsol Nintendo Wii. Konsol ini menawarkan keasyikan bermain ketimbang mengagungkan grafis. Lewat game Wii Sports, pemain bisa memainkan game lewat sensor gerakan. Hasilnya game ini laris manis dan merupakan game “wajib” dimainkan bagi setiap pemilik konsol Wii. Banyak permainan olahraga dalam game ini mulai dari Tenis, Baseball, hingga tinju. Wii Sports terjual lebih dari 82 juta copy.

5. PUBG (PUBG Corporation)

Player’sUnkown’s Battleground atau PUBG menjadi fenomenal tersendiri sekaligus menjadi pionir bertemakan battle royal yang kemudian ditiru oleh game lainnya. Meskipun PUBG versi mobile gratis, namun untuk versi PC dan konsol gamenya berbayar dan termasuk dalam kategori game terlaris yaitu menembus angka penjualan 70 juta copy. Game banyak dimainkan walaupun grafiknya sebenarnya tidak terlalu istimewa namun karena gameplaynya adiktif dan kompetitif, PUBG disukai banyak gamer di seluruh dunia.

6. Super Mario Bros (Nintendo)

Sebuah game yang sangat mempengaruhi sejarah industri video game. Diluncurkan di era NES, Super Mario Bros menjelma menjadi ikon untuk dunia game itu sendiri. Bergenre platformers, Super Mario Bros menjadi game yang paling laku sepanjang sejarah Nintendo yaitu sekitar 48 juta unit. Secara garis besar game ikonik ini berkisah tentang Mario si tukang ledeng yang harus menyelamatkan Princess Peach dari penculikan King Bowser.

7. Pokemon Red and Blue (Nintendo)

Pokemon menjadi pop culture yang benar-benar populer di seluruh dunia dan semuanya berawal dari game Pokemon Red and Blue yang pertama kali dirilis pada tahun 1996 untuk Nintendo Game Boy. Dari game inilah para Pokemon generasi pertama termasuk Pikachu diperkenalkan. Dalam game bergenre RPG ini pemain berperan menjadi Pokemon trainer dan harus mengumpulkan semua Pokemon. Game ini terjual lebih dari 47 juta copy.

Sumber referensi