Alasan Kenapa Semakin Banyak Orang Malas Nonton TV, Kualitas Tayangan Makin Amburadul

images 826

Sekitar sepuluh tahun yang lalu internet belum seperti sekarang di mana hampir semua orang bisa mengakses internet melalui smartphone dan dunia hiburan perlahan berpindah dari televisi ke platform digital seperti Youtube, Netflix, Disney+, dll. Melalui platform streaming orang-orang bisa memilih dan menonton konten apapun yang disukai. Hal ini berbeda dengan televisi yang hanya menyiarkan tayangan statis. Karenanya banyak milenial dan generasi Z mulai malas menonton televisi karena toh di streaming terdapat tayangan televisi yang dapat dipilih (TV on demand).

Akan tetapi faktor malasnya milenial dan gen Z menonton tv bukan hanya karena tersedianya platform streaming melainkan juga karena kualitas tayangan tv lokal yang menurun. Nah, berikut ini adalah kenapa milenial dan gen Z semakin malas nonton tv di era sekarang.

Segmen Untuk Generasi Boomers

images 26

Alasan terakhir kenapa banyak orang Indonesia malas menonton tv adalah karena pihak tv sendiri menyadari jika kalangan menengah ke atas dan juga sebagian milenial mulai berpindah ke plaftorm digital dan menyisakan kalangan menengah ke bawah serta para baby boomers. Sehingga yang ditayangkan di tv saat ini adalah dikhususkan bagi mereka yang memang suka program berkualitas rendah.

Acara Pencarian Bakat Yang Payah

images 820

Indonesian Idol untungnya masih tetap menjadi program pencarian bakat yang berkualitas karena konsepnya langsung diimpor dari franchise idol internasional. Tapi tidak dengan program pencarian bakat yang ada di Indosiar dan MNCTV. Keduanya mengaku kontes dangdut tapi nyatanya adalah program ngobrol-ngobrol selama berjam-jam. Satu kontestan bernyanyi selama lima menit dan selanjutnya ngobrol dengan juri hingga berjam-jam. Bahkan diselingi dengan adegan yang tak perlu.

Banyak Sinetron

images 821

Di Indosiar ada Ku Menangis dan tv lainnya masih ada sinetron yang tayang setiap hari alias stripping dengan kualitas alakadarnya. Episode bisa mencapai ratusan bahkan ribuan dengan alur cerita suka-suka yang buat. Tentu saja sebagian orang malas menonton dan lebih baik nonton serial tv berkualitas di platform streaming berbayar yang kualitasnya ibarat langit dan bumi.

FTV Rumah Tangga

images 822

Indosiar yang dulunya stasiun tv berkualitas memang mutunya semakin menurun sejak ganti kepemilikan pada tahun 2014. Acara yang dulunya bervariasi kini hanya tinggal dua yaitu FTV dan kontes dangdut maraton. Beberapa tahun yang lalu FTV Indosiar berkuatat soal azab dan sekarang kembali berganti ke tema rumah tangga dan perselingkuhan dan ceritanya hanya begitu-begitu saja. Berulang terus setiap hari tapi hebatnya banyak orang yang nonton

Mengurusi Hidup Orang Lain

images 824

Semakin maraknya program infotainment yang mengurusi kehidupan pribadi para artis. Sebenarnya sudah terjadi sejak dulu. Infotainment yang harusnya memberitakan karir dan prestasi para selebritis menjadi menyorot kehidupan artis yang serba glamor. Memberitakan kehidupan rumah tangga, perceraian, dll. Ambil contoh infotaiment yang sering menyorot hidup mewah para artis seperti jual beli mobil, dll. Atau bahkan malah menyediakan panggung para artis yang suka pamer kekayaan.

Penuh dengan Settingan

images 825

Banyak acara settingan yang memenuhi tayangan tv di Indonesia saat ini demi mengeruk rating yang tinggi. Contohnya settinyan memasangkan atau menjodohkan kedua artis agar mereka terlihat seperti pacaran. Cara ini adalah paling ampuh untuk menaikan rating agar orang-orang yang pemuja kedua artis tersebut mau menonton dan melihat perkembangan hubungan keduanya. Bukan hanya itu, settingan juga terjadi di beberapa program acara untuk meraup rating.