Minim Kekerasan, 5 Anime ini Aman untuk ditayangkan di TV Indonesia

images 814

Penayangan anime di Indonesia memang tidak sejaya dulu. Sekarang anime jarang sekali tayang di tv nasional karena adanya aturan yang ketat dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Mereka menganggap beberapa judul anime tidak mendidik karena mengajarkan kekerasan.

Padahal dahulu pernah ada deretan anime seru yang menemani anak-anak hingga remaja di kala hari libur tiba atau pada sore hari. Sekarang zaman sudah canggih, para pecinta anime sebenarnya mudah sekali untuk mengakses tontonan termasuk nonton streaming dan download. Baik itu yang resmi maupun yang ilegal.

Tapi tetap saja sih, nonton di tv nasional itu sensasinya berbeda karena bareng-bareng nontonnya. Rasanya memang agak sulit untuk bisa menyaksikan kejayaan anime di tv Indonesia seperti jaman dulu. Lagi pula ada beberapa anime jaman sekarang yang penuh kekerasan seperti Attack on Titans.

Tapi sebenarnya nih ada beberapa judul anime yang aman untuk tayang di tv Indonesia karena minim adegan kekerasan dan juga tidak ada yang aneh-aneh. Namun masih punya cerita yang menarik. Ini dia beberapa anime modern yang aman untuk tayang di tv Indonesia menurut Jurumata.com.

1. Steins;Gate

images 809

Yang pertama ada Steins;Gate yang merupakan anime tahun 2009 dan mempunyai rating yang sangat tinggi. Mengisahkan tentang Okabe Rintarou yang mengaku dirinya seorang ilmuwan gila dan berhasil menemukan mesin waktu dari sebuah microwave. Dia kemudian memberitahu teman-temannya dan terjadilah cerita yang seru. Meskipun sinopsisnya berbau action, namun Stein;Gate minim adegan kekerasan sehingga sebenarnya cocok untuk tayang di Indonesia.

2. Your Lie in April

images 810
Your in April atau dalam bahasa Jepangnya Shigatsu Wa Kimi no Uso adalah anime dengan genre musik dan drama remaja. Mengisahkan tentang pianis muda berbakat bernama Arima Kousei yang diselimuti kesedihan dan kemampuan bermain pianonya menurun. Suatu ketika dia bertemu dengan Kaori Miyazono yang merupakan gadis berbakat dalam bermain biola. Ternyata gadis itu masih satu sekolah dengan Kousei. Di sini hidup Arima Kousei mulai berubah. Anime sedih ini bergenre musik dan jelas saja tidak kekerasan dan aman untuk tayang di negeri kita tercinta.

3. Haikyuu!

images 811

Kalau dulu ada Captain Tsubasa dan dan Slam Dunk yang pernah melenggang dengan bebas di pertelevisian Indonesia maka sebetulnya Haikyuu! Sebagai anime sport juga bisa ditayangkan di Indonesia tanpa hambatan dari KPI. Namun rupanya belum ada stasiun tv yang mau membeli hak tayang anime ini. Padahal anime ini mendapatkan ulasan yang sangat bagus serta mendapatkan rating yang tinggi. Berkisah tentang seorang anak SMA bernama Shoyo Hinata yang terobsesi pada bola voli dan bertekad membawa timnya juara. Dari segi cerita anime ini juga cukup menarik.

4. Bakuman

images 812

Death Note karangan Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata bisa dianggap sebagai sebagai anime paling jenius sepanjang masa. Akan tetapi, Death Note dilarang penayangannya karena dianggap mengandung kekerasan dan efek psikologis kepada para penontonnya. Namun anime karangan duet Ohba dan Obata lainnya yang berjudul Bakuman justru sangat aman untuk tayang di tv Indonesia. Anime ini bertema industri manga di Jepang. Bercerita tentang dua sahabat yang bertekad menjadi mangaka hebat dan manga mereka bisa diterbitkan di Shonen Jump!

5. Chihayafuru (Sangat aman untuk ditayangkan di tv Indonesia)

images 813

Serial anime ini sebenarnya dikhususkan untuk remaja perempuan tapi bukan berarti laki-laki tidak boleh nonton anime ini. Chihayafuru berkisah tentang seorang gadis remaja bernama Chihara Ayase yang berbakat dalam permainan Karuta. Sebuah permainan kartu tradisional Jepang. Chihaya di sekolahnya mengumpulkan teman-teman yang menyukai permainan Karuta setelah dia bertemu dengan sahabat masa kecilnya dan membentuk tim untuk memenangkan perlombaan. Kisahnya terdengar sederhana namun justru di situlah letak menariknya.

Itulah kelima anime yang sebenarnya aman untuk tayang di tv Indonesia. Sebenarnya saya juga ingin memasukan Love Live. Tapi rasanya terlalu gila apabila anime tentang idol itu tayang di tv Indonesia.