4 Provider Digital di Indonesia, By.U, Live.On, Switch,dan MPWR, Mana yang Cocok Buat Kamu?

images 808

Istilah provider digital pada produk operator yang pemesanannya serba online sebenarnya kurang tepat karena sim digital lebih cocok untuk esim yang telah dipelopori oleh Apple. Akan tetapi sepertinya masyarakat sudah terlanjur menyebutnya demikian dan toh tidak ada salahnya.

Provider digital ini menawarkan pemesanan sim card yang serba online dengan diantarkan langsung ke rumah sehingga pengguna tidak perlu pergi ke konter. Pun demikian dengan mengisi pulsa dan kuota data, pengguna melakukannya lewat aplikasi di device mereka. Agak aneh juga sih, karena provider konvensional juga bisa demikian.

Tapi itu tidak semua menjadi tidak penting saat provider digital menawarkan sesuatu yang lebih yaitu soal tarif yang diklaim lebih murah dibandingkan dengan provider biasa. Benarkah seperti itu?

Untuk mengetahuinya mari kita bahas satu per satu. Sebelumnya kita harus mengetahui jika sejauh ini ada empat provider digital di Indonesia yang aplikasinya bisa diunduh di Play Store dan App Store. Keempat provider digital tersebut adalah “anak” atau turunan dari provider yang sudah ada di Indonesia.

By.U (Telkomsel) Provider Digital Pertama

images 804

By.U mengklaim bahwa mereka adalah provider digital pertama di Indonesia dan sejauh ini merupakan yang paling sukses meraup pelanggan. Tidak mengherankan, karena By.U sendiri adalah produk dari Telkomsel yang sudah terkenal akan kualitas sinyalnya. Per November 2020 By.U menawarkan sejumlah paket baru termasuk paket unlimited dengan batas kecepatan maksimal sebesar 1.5 Mbps. Paket reguler termurah adalah 10GB untuk 1 hari dengan harga Rp.10.000.  3 GB Rp. 15.000 untuk masa aktif 14 hari.

Sementara untuk masa aktif bulanan ada 10GB dengan harga Rp. 50.000 dan 23GB dengan harga Rp. 100.000.

Untuk tarif promo ada 10GB dengan masa aktif 10 hari hanya Rp. 20.000. Paket unlimited 1.5 Mbps harganya adalah Rp. 140.000 untuk 30 hari dan Rp. 40.0000 untuk 7 hari.

Switch (Smartfren)

images 806

Berikutnya ada Switch Mobile yang menggunakan jaringan Smartfren sebagai sinyalnya. Switch baru diluncurkan pada 2020 dan mempunyai keunggulan yaitu bisa menentukan enam digit terakhir nomor kita. Meski demikian, banyak yang mengeluhkan kalau Switch Mobile tarifnya lebih mahal dari Smartfren sendiri walaupun ketika habis kuota, pengguna masih bisa internetan tetapi dengan kecepatan yang terbatas. Selain itu, sim card Switch tidak gratis yang artinya harga sim card dan harga kuota awal terpisah. Saat ini harga sim card Switch Mobile adalah Rp. 10.000 dan tidak termasuk ongkos kirim.

Untuk paketnya sendiri Switch menawarkan beberapa pilihan. Yaitu 3GB dengan harga Rp. 50.000, 10GB Rp. 100.000, 15GB 160.000, dan 22GB Rp. 200.000. Dengan harga seperti itu, mudah untuk mengatakan jika Switch lebih mahal dari By.U.

Live.On (XL)

images 805

Provider digital ini adalah milik XL Axiata dan pada awal peluncurannya membuat penasaran banyak orang karena membuat program beta yang hanya bisa diikuti oleh beberapa orang dan bisa mencicip produk ini duluan. Sehingga pengguna yang lain begitu penasaran. Setelah dirilis Live.On langsung diserbu oleh pengguna walaupun menuai ulasan yang beragam.

Live.On memiliki keunggulan berupa emergency quota sebesar 3GB. Jadi pengguna masih bisa internetan walaupun kuota habis dengan kuota darurat sebesar 3GB dan kecepatannya dibatasi hingga 125kbps. Untuk tarif kuota datanya sendiri adalah Rp. 80.000 untuk 25GB dengan masa aktif 30 hari. Kemudian Rp. 114.000 untuk 50GB dengan masa aktif 30 hari.

Keunggulan lainnya adalah adanya kuota rollover yaitu sisa kuota tidak akan hangus dan akan ditambahkan di bulan berikutnya jika pengguna membeli paket baru.

MPWR (Indosat Ooredoo)

images 25



Yang terbaru adalah MPWR yang dikeluarkan oleh Indosat Ooredoo Mantan operator telekomunikasi BUMN ini ternyata tak mau kalah dari kompetitornya. Diluncurkan dengan tarif promo yang cukup menggiurkan, MPWR nampaknya ingin menyasar segmen pasar anak muda dalam hal ini generasi Z dan milenial. Untuk masa promonya MPWR menawarkan tiga paket dengan bonus kouta tambahan. Yaitu Rp. 50.000 untuk 12 GB, Rp. 75.000 untuk 18GB, dan 100.000 untuk 38GB. Tarif promo tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu oleh provider.

Nah, dari keempat operator digital tersebut. Yang mana yang paling cocok untuk kamu? Semuanya tergantung kebutuhan dan tentu saja yang paling penting adalah tersedianya jaringan di kota kamu.

Catatan: tarif di atas bisa berubah sewaktu-waktu oleh provider masing-masing. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website resmi dari masing-masing provider digital.

Jangan lupa untuk baca info seputar teknologi lainnya di Jurumata.com

Sky
Blogger, love all about pop culture